Scroll to Top

Apple Pamerkan Fitur Baru Mac OS X 10.8 Mountain Lion

By Ditya / Published on Tuesday, 12 Jun 2012

Mac OS X Mountain Lion

Melalui Ajang WWDC 2012, Apple tak hanya memperkenalkan produk komputernya saja tapi juga sistem operasi terbarunya, Macintosh OS X 10.8 Mountain Lion.

Apple telah melakukan banyak perubahan di rilis Mac OS X 10.8 Mountain Lion dan memadukannya dengan berbagai fitur baru yang terinspirasi oleh komputasi mobile seperti tablet dan smartphone.

Apple mengatakan bahwa rilis Mac OS X 10.8 Mountain Lion ini membawa sekitar 200 perubahan dan fitur baru yang disematkan pada sistem operasi canggih besutan Apple ini.

Sistem operasi besutan Apple ini membawa fitur baru seperti perbaikan fasilitas Messaages, Notification Centre, Integrasi dengan jejaring sosial Facebook, dictation, Power Nap, AirPlay Mirroring, Game Centre dan fitur keamanan Gatekeeper.

Fasilitas iCloud lebih terintegrasi dengan sistem operasi sehingga memudahkan pengguna untuk menyimpan, mengakses dan berbagai file yang berbasis cloud.

Mac OS X 10.8 Mountain Lion kini lebih terintegrasi dengan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Flicker dan Vimeo. Integrasi ini memudahkan pengguna karena teman Facebook langsung muncul di Kontak dan notifikasinya akan muncul melalui Notification Centre.

Tak hanya itu, perangkat lunak chatting bawaan Mac, iChat kini digantikan dengan iMessages yang dapat berbagi pesan dengan semua perangkat Apple seperti iPhone, iPad dan iPod Touch.

Melalui iMessages, pengguna juga dapat mengirim pesan group chat dan lampiran berupa video definisi tinggi. Pengguna juga dapat melanjutkan chatting melalui perangkat lain seperti iPad dan iPhone dengan akun yang sama.

iMessages juga mendukung beberapa protokol instant messages seperti AIM, Yahoo, Google Talk dan Jabber.

Sistem operasi “Singa Gunung” melengkapi taringnya dengan fitur keamanan Gatekeeper. Fitur Gatekeeper ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kontrol terhadap instalasi aplikasi misal hanya aplikasi yang memiliki ID unik di Apple Developer atau hanya aplikasi dari App Store saja yang bisa diinstal.

Pengaturan Gatekeeper ini dapat diubah sesuai kebutuhan pengguna. Apple juga membawa fitur App Sandboxing dan Kernel ASLR untuk melindungi dari ancaman malware.

Mac OS X 10.8 Mountain Lion juga membawa fitur AirPlay Mirroring yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan video definisi tinggi secara streaming dari Mac ke HDTV.

Rilis terbaru Mac OS X 10.8 Mountain Lion ini tersedia sebagai upgrade dari Mac OS X 10.7 Lion atau Mac OS X 10.6 Snow Leopard  pada bulan Juli dengan harga $19,99 atau sekitar Rp. 200 ribuan saja melalui Mac App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda