Scroll to Top

Preview dan Prediksi Paraguay vs Venezuela

By Wan Faizal / Published on Thursday, 21 Jul 2011

Paraguay dan Venezuela akan bertarung memperebutkan satu tiket ke babak final Copa America 2011 di Stadion Malvinas Argentinas, Kamis (21/7) pukul 07.45 WIB.

Paraguay secara mengejutkan mampu menyingkirkan juara bertahan Brazil di babak perempat final lewat drama adu pinalti. Hebatnya, tak satupun dari empat algojo Selecao yang sukses menceploskan bola ke gawang Justo Villar.

Sementara Venezuela yang tidak mempunyai tradisi apik di Copa America melaju ke semifinal setelah mengalahkan salah satu tim kuat Chile dengan skor 2-1.

Kedua negara ini sebelumnya telah bertemu di babak penyisihan Grup C beberapa hari lalu. Paraguay yang sempat unggul 3-1 hingga menit 90 harus kecewa lantaran La Vinotinto mampu mencetak dua gol di masa injury time untuk menyamakan kedudukan.

“Kami telah melangkah sejauh ini dan hanya tinggal menjalani satu laga untuk mencapai final,” ucap pahlawan Venezuela di perempat final, Oswaldo Vizcarrondo.

“Ini akan menjadi pengalaman yang hebat dan kami akan meningkatkannya.”

Pelatih Venezuela, Cesar Farias, harus kehilangan salah satu gelandang andalannya, Tomas Rincon, akibat mendapatkan kartu merah saat melawan Chile. Namun, Farias mengaku tidak gentar dan siap meladeni perlawanan La Albirroja.

“Kami memiliki keyakinan yang besar. Kami berkesempatan bermain di final jika mempu melewati ujian ini. Asalkan kami tidak merasa inferior terhadap lawan kami,” tuturnya.

“Kami belum terkalahkan dalam turnamen ini, dan kami mampu mencetak banyak gol,” lanjutnya.

Venezuela memang mampu tampil memikat di bawah arahan Farias. Selama menjalani empat pertandingan sebelum babak semifinal ini, Venezuela meraih hasil dua menang dan dua imbang. Bahkan media-media Venezuela menyebut Farias sebagai “Mourinho-nya Venezuela”.

Dukungan pada Venezuela tidak hanya datang dari para fans yang datang langsung ke stadion. Presiden Venezuela, Hugo Chavez, juga memberikan pujian pada Juan Arango dkk lewat akun twitternya.

“Cesar tahu apa yang harus ia lakukan. Salut untuk Cesar dan seluruh skuad,” tulis sang presiden.

Di sisi lain, Gerardo Martino selaku pelatih Paraguay mengingatkan anak asuhnya bahwa Venezuela akan menyulitkan timnya. Bukti terbaru tentu saja ketika kedua negara bertemu di fase grup beberapa hari lalu.

“Venezuela akan menjadi lawan yang sangat tangguh. Kami harus meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri kami jika ingin meraih laga final,” ujar Martino.

Jika Paraguay mampu bermain bagus seperti di babak penyisihan grup lalu, besar kemungkinan mereka yang akan menjadi lawan Uruguay di final. Namun mereka harus waspada mengingat Venezuela sedang memiliki semangat yang tinggi untuk melaju ke babak final.

Perkiraan formasi:

Paraguay: 1. Justo Villar, 3. Ivan Piris, 14. Paulo da Silva, 2. Dario Veron, 17. Aureliano Torres, 13. Enrique Vera, 8. Edgar Barreto, 16. Cristian Riveros, 21. Marcelo Estigarribia, 18. Nelson Valdez, 19. Lucas Barrios. Pelatih: Gerardo Martino

Venezuela: 1. Renny Vega, 16. Roberto Rosales, 20. Grenddy Perozo, 4. Oswaldo Vizcarrondo, 6. Gabriel Cichero, 13. Luis Seijas, 14. Franklin Lucena, 11. Cesar Gonzalez, 18. Juan Arango, 9. Giancarlo Maldonado, 7. Nicolas Fedor. Pelatih: Cesar Farias

Head to head:

14-07-2011: Paraguay 3-3 Venezuela

11-10-2009: Venezuela 1-2 Paraguay

10-09-2008: Paraguay 2-0 Venezuela

09-09-2007: Venezuela 3-2 Paraguay

23-08-2007: Paraguay 1-1 Venezuela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda