Scroll to Top

Polandia vs Rusia: Menanti Aksi Heroik Berikutnya Dari Przemyslaw Tyton

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 12 Jun 2012

Przemyslaw Tyton

Laga Polandia vs Rusia, Rabu (13/6/12) pukul 01.45 WIB di Grup A Euro 2012, akan menjadi panggung pertunjukkan berikutnya bagi kiper kedua Polandia, Przemyslaw Tyton. Setelah melakukan penyematan luar biasa atas penalti pemain Yunani, Giorgios Karagounis, kini aksi-aksi heroik berikutnya dari kiper berusia 25 tahun itu tentu dinanti seluruh fans Polandia.

Saat itu, pertandingan memasuki menit 68 ketika kiper utama Polandia, Wojciech Szczesny, diganjar kartu merah oleh wasit setelah melanggar Dimitris Salpingidis di kotak terlarang. Yunani pun mendapat hadiah penalti.

Pelatih Franciszek Smuda lantas memasukkan Tyton dan mengorbankan Maciej Rybus. Meski mendapat tekanan besar, nyatanya pemain yang baru mengemas enam caps bersama Polandia itu dengan gemilang mampu membaca arah bola sepakan Karagounis. Sontak nama Tyton pun dielu-elukan bak pahlawan oleh seisi stadion. Usai pertandingan, satu persatu pemain Polandia pun memeluk Tyton.

Penalti Karagounis

“Saya merasa fans berharap banyak pada saya. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Pertandingan tersebut berakhir imbang dan mereka menganggap saya pahlawan. Tapi saya tidak berpikir seperti itu,” ujar Tyton merendah.

Ternyata, menghalau sepakan penalti seperti sudah menjadi kebiasaan Tyton. Hal tersebut ia buktikan bersama klubnya, PSV Eindhoven. Kepercayaan yang diberikan pelatih Philipp Cocu tak disia-siakannya.

Belum lama ini, Tyton juga membuktikan keahliannya menahan tembakan penalti saat PSV bermain di semifinal KNVB Beker (Piala Belanda). Ia menggagalkan sepakan penalti pemain Heerenveen, Bas Dost, untuk kemudian membawa PSV melaju ke final. Uniknya, sebelum pertandingan itu Tyton menolak untuk melihat video rekaman penalti lawan dan lebih memilih untuk mengandalkan instingnya.

“Beberapa kali saya sukses menahan tendangan penalti. Seluruh dunia mungkin telah mengetahui nama saya, tapi ini baru permulaan. Saya ingin membantu tim saya lagi,” ujar kiper berjuluk Penalty Killer itu.

Tyton, Polandia 1-1 Yunani

Kini Tyton akan segera menghadapi ujian keduanya saat melawan Rusia. Bukannya apa-apa, lini depan Rusia terlihat sangat garang setelah mereka menghajar Ceko 4-1. Andrey Arshavin, Aleksandr Kerzhakov, Alan Dzagoev, dan Roman Pavlyuchenko adalah momok tersendiri bagi Tyton.

“Rusia adalah tim yang bagus, tapi kami harus mendapatkan poin di laga ini. Semoga kamilah yang akan tertawa di akhir pertandingan nanti,” tutup kiper yang sempat berprofesi sebagai penari profesional sebelum akhirnya banting setir jadi pesepakbola itu.

C’mon, Penalty Killer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda