Scroll to Top

Microsoft Minta Jatah $85 Per Lisensi Windows 8 RT, Harga Tablet Windows Akan Meroket?

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

Tablet Intel Windows 8

Pengguna tablet yang sedang menunggu kehadiran tablet berbasis Windows 8 RT, sebaiknya tidak berharap pada harga yang ditawarkan, mengapa?

Seperti yang dikutip dari VR-Zone, Microsoft meminta ‘jatah’ sebesar $85 atau sekitar Rp. 800 ribuan pada OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk setiap lisensi Windows 8 RT pada tablet, hal ini akan memicu meroketnya harga tablet berbasis Windows 8 RT.

Windows 8 RT sendiri adalah edisi atau versi Windows 8 yang ditujukan untuk tablet berbasis ARM yang menggunakan prosesor seperti ARM Cortex, Tegra atau Qualcomm.

Windows 8 sendiri akan diluncurkan oleh Microsoft pada akhir tahun ini atau paling cepat pada bulan Oktober mendatang.

Kabar mengenai harga lisensi Windows 8 RT yang mencapai $85 untuk setiap 1 lisensinya ini memupuskan harapan sejumlah pihak yang mendambakan kehadiran tablet murah berbasis Windows 8 RT.

Produsen pertangkat tablet tentu tidak mau rugi dengan menjual tablet berbasis Windows 8 RT nya dengan hraga murah, karena selain biaya produksi, produsen masih dibebani biaya lisensi Windows 8 RT.

Diperkirakan pasar tablet kelas murah akan tetap dikuasai oleh tablet berbasis Android karena saat ini tablet super murah hanya memungkinkan jika menggunakan sistem operasi Android.

Lalu berapa harga Tablet berbasis Windows RT ini? Berdasarkan laporan dari VR-Zone, harga sebuah tablet berbasis Windows 8 RT berkisar antara $500 – $800 atau paling murah sekitar Rp. 5 jutaan.

Tingginya harga lisensi sistem operasi membuat perkiraan harga tablet Windows RT melambung tinggi bahkan bisa melebihi harga tablet paling populer saat ini, Apple iPad.

Akankan tablet Windows 8 RT dapat bersaing di pasar tablet dengan harga yang cukup tinggi tersebut?

Sampai saat ini Microsoft menolak berkomentar mengenai laporan biaya lisensi Windows RT yang beredar di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda