Scroll to Top

Mengapa MacBook Pro Baru Pakai Retina Display? Ini Alasan Apple

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

MacBook Pro 2012

Keputusan Apple menggunakan teknologi layar Retina Display pada salah satu varian MacBook Pro menuai tanggapan pro dan kontra dari pengguna Mac, mengapa?

Seperti yang dikutip dari CNET, hadirnya layar Retina Display di MacBook Pro ini membuat harga notebook MacBook Pro melambung hingga $2199 atau lebih dari Rp. 20 jutaan.

Dengan harga yang membengkak, bisa saja pengguna beralih menggunakan merk lain yang menawarkan spesifikasi yang lebih baik dengan harga yang sama atau malah lebih murah. Teknologi seperti apa sebenarnya Retina Display itu?

Retina Display adalah teknologi layar dengan kepadatan piksel yang tinggi dipadukan dengan teknologi IPS (In-Plane Switch) sehingga membuat retina mata tidak bisa membedakan individual piksel di layar, ini membuat tampilan layar terlihat sangat halus dan warna yang alami.

Retina Display memang telah hadir di perangkat iPhone dan iPad, sekarang hadir di MacBook Pro dan membuat harganya melambung. Seberapa perlukah MacBook Pro menggunakan Retina Display? Ini Alasan Apple.

  • Retina Display memiliki resolusi sangat tinggi yaitu 2880 x 1800 piksel dengan ukuran 15,4 inci dengan kepadatan piksel yang cukup tinggi 220 ppi (pixel per inch).
  • Retina Display memberikan kontras yang lebih tinggi dan sudut pandang yang lebih luas dari layar LCD biasa.
  • Mac OS X telah dioptimalkan dengan layar Retina Display sejak versi Mac OS X 10.7 Lion.
  • Peramban besutan Mac, Safari, telah mengoptimalkan tampilan web dengan teknologi Retina Display untuk menghasilkan pengalaman browsing dengan kualitas gambar tinggi.
  • Berbagai perangkat lunak telah mengoptimalkan dukungan terhadap Retina Display seperti aplikasi iPhoto, Aperture, Final Cut Pro dan Autodesk Autocad.
  • Adobe mendukung Retina Display dengan optimalisasi aplikasi Photoshop di versi yang akan datang.

Dengan berbagai kelebihan yang dibawa Retina Display, maka Apple membawa teknologi ini pada notebook terbarunya MacBook Pro 2012 dengan harga premium, lebih dari 20 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda