Scroll to Top

Linaro Siap Tingkatkan Kinerja Ponsel Android 30% hingga 100%

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

Linaro

Anda pernah mendengan Linaro? Sebagian Pengguna ponsel Android tentu masih asing dengan Linaro dan lebih akrab dengan Cyanogen.

Yah, Linaro adalah proyek optimalisasi pihak ketiga mirip seperti Cyanogen yang ditujukan untuk ponsel berbasis Google Android.

Apa kelebihan Linaro ini? Pembuatnya mengklaim Linaro mampu mendongkrak kinerja ponsel berbasis Google Android 30% hingga 100% di beberapa benchmark, fantastis bukan?

Linaro dikembangkan dengan mengadaptasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan dibangun menggunakan toolchain GCC (GNU Compiler Collection).

Linari dikembangkan pertama kali pada tahun 2010 ketika sebuah organisasi nirlaba didirikan oleh konsorsium perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras termasuk ARM, Samsung, Texas Instruments dan Canonical.

Linaro ini dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas sistem operasi yang menggunakan basis Linux (termasuk Android) pada arsitektur ARM.

Kelompok pengembang Linaro ini menjalin hubungan yang cukup erat dengan Ubuntu dan bekerja keras untuk membuat sistem operasi Android ini lebih optimal di arsitektur ARM sehingga mampu memberikan lompatan kinerja yang signifikan.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, GCC milik Linaro ini telah menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan bagi Google Android berdasarkan pengukuran melalui benchmark.

Kabarnya, Google sendiri mengambil beberapa perubahan di Linaro untuk pengembangan sistem operasi Google Android agar lebih optimal.

Berdasarkan informasi dari blog Liliputing, kabarnya Linaro akan digabung dengan proyek Cyanogen ROM (Read Only Memory) untuk menghasilkan pengingkatan kinerja yang lebih signifikan.

Laporan terakhir, Linaro khusus Google Nexus baru saja selesai dibangun dan dipublikasikan melalui Reddit minggu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda