Scroll to Top

Euro 2012: Belanda Paling Sering Membuang Peluang

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

Robin van Persie, Belanda 0-1 Denmark

Tak bisa dipungkiri, para penghuni Grup B Euro 2012 adalah negara-negara dengan kekuatan sepakbola yang disegani di Eropa. Tengok saja nama Belanda, Jerman, dan Portugal. Siapa yang menyangsikan kekuatan mereka? Ditambah Denmark yang merupakan salah satu kuda hitam berbahaya di pelataran Eropa.

Lini depan mereka juga dihuni striker-striker haus gol yang punya nama besar. Ada Robin van Persie (Belanda), Mario Gomez (Jerman), Cristiano Ronaldo (Portugal), dan Nicklas Bendtner (Denmark). Namun diantara keempat tim tersebut, siapa yang paling efektif dalam memanfaatkan peluang di pertandingan pertama lalu?

Jawabannya adalah Denmark. Ya, Tim Dinamit memang jadi tim yang paling sedikit melepaskan tembakan saat lawan Belanda, yakni delapan kali. Namun semuanya ternyata tepat sasaran alias persentasenya 100%!. Salah satunya menghasilkan gol kemenangan yang dicetak Michael Krohn-Dehli.

Portugal berada di urutan kedua. Tujuh dari 11 tembakan anak asuh Paulo Bento tepat mengarah ke gawang Manuel Neuer. Sayang saat itu hasil kurang memihak mereka dimana sepakan Pepe hanya membentur mistar gawang. Persentase Portugal menyentuh 64%.

Urutan ketiga ditempati oleh Jerman. Mereka melepaskan 12 tembakan untuk bisa membobol gawang Rui Patricio, namun hanya empat yang tepat sasaran, dan menghasilkan satu gol lewat kepala Mario Gomez. Persentasenya adalah 33%.

Sementara Belanda adalah tim yang paling boros di pertandingan pertama lalu. Mampu membombardir gawang Denmark dengan 28 tembakan, namun hanya delapan yang tepat sasaran, dan tak berbuah satu gol pun.

Fakta tersebut tentu patut dicermati oleh Bert van Marwijk. Padahal diantara keempat tim tersebut, Belanda memiliki lini serang paling menakutkan dengan keberadaan Van Persie, Klaas Jan Huntelaar, Arjen Robben, Wesley Sneijder, Rafael Van der Vaart, Dirk Kuyt, dan Ibrahim Afellay. Seharusnya, mencetak gol menjadi tugas yang mudah dengan keberadaan mereka. Seperti yang dilakukan Sneijder dalam sesi latihan di video berikut ini:

Akan menjadi tugas berat bagi lini depan Belanda kali ini untuk bisa membongkar pertahanan Jerman yang terkenal sangat solid. Bert Van Marwijk kini hanya berharap anak asuhnya bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk memastikan mereka tak mengepak koper lebih awal di turnamen Euro 2012 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda