Scroll to Top

Nintendo Wii Dominasi Penjualan Konsol, Kalahkan PlayStation 3 dan XBox 360

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

Nintendo Wii

Meski konsol terbaru Nintendo Wii U telah menampakkan diri di ajang E3 kemarin, namun pesona konsol seri lama Nintendo Wii masih cukup menarik bagi sebagian besar gamer.

Hal ini dibuktikan dengan hasil penjualan kumulatif pada bulan Februari 2012, Nintendo Wii menempati urutan pertama dan mengalahkan 2 pesaingnya, Sony PlayStation 3 dan Microsoft Xbox 360.

Angka penjualan konsol kumulatif di seluruh dunia pada bulan Februari 2012 sebagai berikut :

  1. Nintendo Wii terjual 95 juta unit.
  2. Microsoft Xbox 360 terjual 66 juta unit.
  3. Sony PlayStation 3 terjual 63 juta unit.

Secara teknologi dan spesifikasi perangkat keras, Microsoft Xbox 360 dan Sony PlayStation 3 jelas mengungguli Nintendo Wii, namun keduanya kalah laris dibanding konsol besutan Nintendo.

Unggul secara teknologi bukan berarti unggul segalanya, namun faktor lain seperti inovasi, fitur dan harga akan sangat berpengaruh terhadap prestasi penjualan.

Nintendo Wii dinilai mampu menghadirkan inovasi yang berbeda di dunia konsol game dan konsol ini bisa diterima semua kalangan dan tak hanya menyasar gamer saja.

Seperti yang dikutip dari Hexus, Nintendo juga dibandrol dengan harga yang lebih murah dan didukung dengan harga game yang lebih murah, sehingga konsol ini lebih menarik dan lebih laris.

Sedangkan konsol besutan Microsoft menempati urutan kedua dengan penjualan sebanyak 66 juta unit. Xbox 360 masih memiliki daya tarik yang kuat dengan fitur Xbox Live dan Xbox SmartGlass yang akan segera hadir.

Lalu bagaimana dengan Sony PlayStation 3? Konsol canggih besutan Sony harus puas dengan menduduki peringkat 3 dengan penjualan 63 juta unit.

Kekalahan Sony PlayStation 3 ini kabarnya disebabkan mahalnya harga konsol dan juga game-nya, sehingga banyak gamer yang memilih konsol yang memiliki harga yang lebih kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda