Scroll to Top

Pencurian Password LinkedIn Kemungkinan Sudah Berlangsung Lebih dari 9 Bulan

By Baihaki / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

jejaring sosial linkedin

Spekulasi kabar terkait pembobolan password jejaring sosial LinkedIn terus bergulir. Bahkan kabar terbaru mengatakan bahwa kasus kebocoran lebih dari 6.5 juta password pengguna LinkedIn itu telah berlangsung lebih dari 9 bulan.

Dalam sebuah kabar yang diperoleh oleh SC Magazine dan dikutip dari Softpedia, beberapa member jejaring sosial khusus untuk kalangan bisnis tersebut adalah password lama. Password-password tersebut merupakan password yang telah mereka ganti pada enam hingga sembilan bulan lalu.

Selain itu, terdapat pula spekulasi lain yang muncul di publik terkait hal ini. Kabar tersebut mengatakan bahwa kasus pembobolan password tersebut terjadi pada awal 2012 pada saat seseorang menyadari adanya kelemahan SQL injection yang dimiliki oleh situs tersebut.

Pihak LinkedIn pun tidak berkomentar mengenai kabar ini. Mereka beralasan bahwa pihaknya yang saat ini bekerja sama dengan kepolisian tengah melakukan investigasi. Mereka pun berjanji, setelah proses investigasi selesai, maka mereka akan memuat fakta – fakta penting terkait pembobolan password tersebut kepada publik.

Pembobolan password ternyata tidak hanya menimpa situs jejaring sosial LinkedIn. Pada waktu yang hampir bersamaan, situs radio internet yang cukup populer, Last.fm juga mengalami permasalahan serupa. Terdapat beberapa password milik pengguna Last.fm bocor, dan hal ini pun diakui oleh pihak perusahaan. Dan, senada dengan kasus yang menimpa LinkedIn, peristiwa kebocoran password di Last.fm ini juga diduga telah berlangsung cukup lama.

Dengan banyaknya kasus bobolnya password ini, nampaknya bagi Anda para pengguna internet harus waspada. Usahakan membuat password yang sulit untuk diprediksi dan berhati-hati ketika mengakses internet di tempat publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda