Scroll to Top

Anggur Merah Pun Bisa Disulap Jadi Busana

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

micro be

Luar biasa busana yang satu ini. Keistimewaannya terletak pada bahan busana. Pasalnya, semua bahan dibuat dari minuman angur merah yang difermentas. Hasilnya, anggur berubah menjadi sebentuk busana yang tinggal dikenakan tanpa perlu dilakukan penjahitan terlebih dahulu.

Dikutip MSN, busana ini adalah buah riset dari University of Western Australian melalui proyek Bioalloy. Dalam eksperimennya, peneliti memasukkan bakteri acetobacter ke dalam sebuah wadah besar berisi anggur merah. Anggur ini lalu didiamkan agar terjadi proses fermentasi. Hasilnya nanti berubah cairan anggur yang mengental. Setelah itu, anggur dipersiapkan untuk dibuat menjadi busana.

Dalam proses membuatnya, cairan kental anggur merah disapukan pada sebuah manekin atau patung model yang biasa dijadikan sarana memajang baju. Setelah sapuan anggur merata, lalu dibiarkan hingga mengering. Ketika semua lapisan tidak ada lagi yang basah, anggur tersebut berubah menjadi kain dengan serat seperti serat kain umumnya. Dan, busana bisa langsung dikenakan tanpa perlu dijahit lagi.

“Dengan menggabungkan seni dan sains, serta temuan baru, kami bertujuan untuk memroduksi bahan garmen dari fermentasi bakteri yang membentuk busana tanpa harus dijahit sedikitpun,” kata Gary Cass, pemimpin penelitian, yang turut mengajak Donna Franklin sebagai desainer busana tersebut.

Produk busana dari anggur merah ini diberi nama Micro’be. Dan, rencananya, Micro’be akan dibuat produk dengan versi lain seperti mini dress, t-shirt, dan pakaian renang. Namun, peneliti sebelumnya akan melakukan studi lanjutan untuk membuat bahan kain dari anggur yang tidak mudah sobek dan lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda