Scroll to Top

Kecanduan Ponsel dan Komputer Timbulkan Masalah Mental

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

kecanduan komputer

Waspadalah, perangkat teknologi yang ada di sekitar Anda bisa membuat masalah pada mental. Menurut studi dari Akademi Sahlgrenska di Universitas Gothenburg, Swedia, ponsel dan komputer adalah jenis perangkat yang dapat mengakibatkan gangguan tidur, stres, dan gangguan mental lainnya.

Gangguan tersebut mulai muncul saat perangkat dipakai secara intensif dan terus menerus. Ada sisi kecanduan yang membuat penggunanya lebih sering berlama-lama dengan perangkat hingga tidak menyadari bahwa fisiknya memerlukan hal lain untuk menjaga kesehatan. Misalnya beristirahat atau makan secara teratur. Bahkan, banyak orang yang terbiasa kerja dengan komputer lebih sering bekerja tanpa henti saat tugasnya belum selesai. Hingga larut malam pun, pekerjaan tetap dilakoni.

Peneliti melakukan pengamatan melalui kuesioner dan wawancara terhadap 4.100 orang berusia 20-24 tahun yang sudah kecanduan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dari situ ditemukan kenyataan bahwa pecandu pria lebih sering terkena masalah gangguan tidur. Sementara itu, pada kebanyakan peserta pria dan wanita, mereka banyak yang mengalami depresi dan stres akibat terlalu lama asik dengan gadgetnya.

“Kesimpulannya adalah, penggunaan intensif TIK dapat berdampak pada kesehatan mental di kalangan orang dewasa muda,” kata Sara Thomee, seorang peneliti. “Secara teratur menggunakan komputer larut malam dikaitkan tidak hanya dengan gangguan tidur tetapi juga dengan gejala stres dan depresi pada pria dan wanita,” tambahnya.

Oleh karena itu, peneliti menyarankan untuk lebih sering mengambil istirahat kala menggunakan komputer atau perangkat lain dalam jangka waktu yang lama. Semakin banyak gadget yang dipakai, potensi mengalami gangguan mental semakin besar. Selain itu, perhatikan pula kebutuhan lain fisik Anda yang perlu dipenuhi, misalnya nutrisi atau relaksasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda