Scroll to Top

Tokyo, Kota Termahal Bagi Wisatawan

By C Novita / Published on Thursday, 14 Jun 2012

Tokyo

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Tokyo, Jepang, adalah sebuah kota yang biaya hidupnya paling mahal di Asia, bahkan di dunia.

Menurut survey yang dilakukan oleh ECA International, lembaga yang menilai biaya hidup para ekspatriat, Tokyo masih juga memegang posisi teratas untuk biaya hidup, walau setelah gempa bumi tahun 2011 lalu.

Setelah Tokyo ada kota Oslo, Jenewa, Nagoya, Zurich, Yokohama, Bern, dan bahkan Kobe yang berada di Jepang pun termasuk dalam kota termahal. Ini karena nilai mata uang yen, yang merupakan mata uang Jepang, telah meningkat sekitar 20% terhadap dolar Amerika belakangan ini.

Dikutip dari situs CNNGo, survei ini juga berdasar pada tingginya harga-harga barang kebutuhan di kota Tokyo, yang meningkat hingga 8% lebih mahal, jika dibanding dengan kota-kota lain di Asia, juga dunia.

Survey tersebut secara rutin dilakukan 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Komoditas yang dijadikan perbandingan dalam harga adalah barang-barang kebutuhan seperti pakaian, sayuran, barang listrik, dan tembakau.

Itu diluar perbandingan biaya akomodasi, kendaraan, dan uang sekolah yang diterapkan di negara tersebut.

Berikut urutan kota termahal biaya hidup sehari-harinya versi CNNGo;

1. Tokyo
2. Oslo
3. Geneva
4. Nagoya
5. Zurich
6. Yokohama
7. Bern
8. Stavanger
9. Basel
10. Kobe

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda