Scroll to Top

Timnas Indonesia: Menanti Kembalinya Pemain ISL di Skuad Garuda

By Aditya / Published on Thursday, 14 Jun 2012

Timnas Indonesia

Rekonsiliasi yang telah disepakati oleh PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti tentunya membawa angin segar bagi persepakbolaan Indonesia. Selain itu, seluruh publik bola di tanah air pastinya tidak sabar menunggu kembalinya para pemain ISL di skuad Timnas Indonesia.

Ya, selama konflik antara PSSI dan KPSI berlangsung, terjadi perubahan total dalam komposisi pemain yang memperkuat tim Merah-Putih. Awalnya, PSSI melarang para pemain yang bergabung di klub-klub ISL masuk di skuad timnas.

Timnas Indonesia di Palestina
Skuad Timnas Indonesia Sebelum Rekonsiliasi PSSI

Namun, setelah serangkaian hasil buruk, termasuk dihajar Bahrain dengan skor 10-0, PSSI akhirnya mengubah kebijakannya dengan meminta para pemain bergabung ke timnas. Akan tetapi, klub-klub ISL tampaknya sudah terlanjur kecewa terhadap PSSI sehingga mereka tidak mengizinkan para pemainnya ke timnas.

Meskipun pada akhirnya ada beberapa pemain ISL, seperti Okto Maniani, Titus Bonai, atau Patrich Wanggai yang berani mengambil resiko dengan bergabung ke timnas PSSI, namun banyak penghuni skuad timnas yang justru belum dikenal oleh publik sepakbola nasional.

Sebelum akhirnya dipanggil ke timnas, muka-muka baru seperti Hendra Bayauw, Jajang Paliyama, Nopendi, dan lainnya sama sekali masih asing bagi masyarakat pecinta bola. Hanya ada segelintir pemain yang sudah lebih dikenal, misalnya Irfan Bachdim, Andik Vermansyah, Gunawan Dwi Cahyo, atau Ferdinand Sinaga.

Naturalisasi
Para Pemain Naturalisasi yang Siap Membela Tim Garuda

Nah, dengan terjalinnya rekonsiliasi, maka peluang kembalinya para pemain terbaik Indonesia ke timnas akan sangat terbuka. Nama-nama beken seperti Bambang Pamungkas, Boaz Solossa, Ponaryo Astaman, Ahmad Bustomi, Firman Utina, dan lainnya, diharapkan akan kembali mengangkat moral tim Merah-Putih.

Belum lagi para pemain muda yang bermain di luar negeri, seperti Syamsir Alam, Abdul Rahman Lestaluhu, Arthur Irawan, Yericho Christiantoko, atau lainnya, yang bisa saja dipanggil  membela timnas. Juga para pemain naturalisasi semisal Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, Sergio van Dijk,  Tonnie Cusell, Stefano Lilipaly, atau John van Beukering, yang aksinya bersama Timnas Indonesia sudah sangat dinanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda