Scroll to Top

NASA Berhasil Ciptakan Robot Luar Angkasa Penyedia Makanan dan Oksigen

By Baihaki / Published on Thursday, 14 Jun 2012

robotic garden

Ide untuk tinggal di planet Mars memang menjadi impian masa depan manusia. Dari hari ke hari, manusia terus mengembangkan teknologi agar bisa mendekati impian tersebut. Salah satu teknologi yang disiapkan adalah sebuah robot yang bisa menyediakan makanan sekaligus oksigen bernama Robotic Garden.

Robotic Garden ini merupakan kreasi beberapa mahasiswa dari Universitas of Colorado dan Colorado State University yang disponsori oleh NASA. Pengembangan robot ini adalah bertujuan untuk menciptakan sebuah robot yang bisa mendukung kehidupan para astronot di luar angkasa.

Saat ini, Robotic Garden ini memang masih berupa prototype dan akan terus dikembangkan. Para mahasiswa tersebut berharap, saat robot ini telah selesai, robot ini mampu menghasilkan berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan makanan oleh para astronot. Dengan adanya tanaman tersebut, secara tidak langsung robot ini juga menjadi sumber produksi oksigen bagi para astronot.

Para pencipta robot ini pun berusaha semaksimal mungkin agar robot dapat bekerja di lingkungan yang ekstrem seperti di luar angkasa. Oleh karena itu, mereka telah mengembangkan sistem yang memiliki empat fungsi utama, yakni pembibitan, monitoring perkembangan tumbuhan, pemanenan hingga pemrosesan sisa-sisa tumbuhan agar bisa diolah kembali.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk penelitian dan pengembangan robot ini? Pihak NASA rela mengeluarkan uang sebesar $40 ribu USD bagi para mahasiswa tersebut. Dengan dana sebesar itu, NASA berharap agar proyek tersebut selesai dan robot dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda