Scroll to Top

PSSI: Djohar Arifin Yakin Timnas U-14 Berjaya

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 14 Jun 2012

Djohar Arifin

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin optimistis bahwa prestasi Timnas U-14 yang akan berangkat ke Osaka Jepang 16 Juni 2012 untuk mengikuti festival sepakbola internasional, akan menuai hasil positif.

“Kalian (para pemain) semua membawa nama bangsa dan negara. Jadi berjuang dan bermainlah sebaik mungkin, agar nama Indonesia berkibar ke tempat tertinggi,” tandas Djohar seperti yang dilansir situs resmi PSSI.

Saat ini para pemain Timnas U-14 tengah menjalani pemusatan latihan nasional di lapangan sepakbola Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Sejak Sabtu (9/6/12) lalu, para pemain yang terpilih dari berbagai daerah di seluruh Indonesia sudah bergabung menjalani pelatnas. Mereka mengikuti berbagai pola latihan teknis maupun fisik.

“Kita harapkan mereka dapat menimba banyak pengalaman penting saat tampil di Osaka. Di sana mereka akan bertemu dan bermain dengan banyak pemain dari berbagai negara,” jelas Djohar Arifin.

Dalam pemaparannya, Djohar Arifin juga mengatakan bahwa jika kita melakukan pembinaan usia dini yang baik dari sekarang, maka tidak menutup kemungkinan masa depan sepakbola Indonesia akan berjaya di kancah internasional.

“Indonesia akan lebih berjaya di masa datang, jika pembinaan usia dini bener dari sekarang. Kita punya potensi pemain sepakbola yang sangat memadai. Potensi ini harus terus ditumbuh kembangkan secara benar dan terarah,” ungkap Djohar.

Saat ini PSSI tengah menyiapkan beberapa lapis timnas secara berjenjang. Mulai timnas U-12, U-14, U-17, U-20, U-22 dan timnas senior.

Selama ini, timnas Indonesia khususnya senior terkesan seperti kekurangan stok pemain berkualitas. Sehingga pada titik tertentu, Indonesia terpaksa harus melakukan program naturalisasi pemain untuk kebutuhan timnas senior.

Cara instan seperti ini tentu tidak perlu terjadi, jika sistem pembinaan usia dini berjalan baik dan benar.

“Kita inginkan potensi nasional betul betul dikembangkan secara optimal. Untuk itu PSSI berusaha melihat lebih serius setiap aspek yang berkaitan dengan kepentingan pembinaan usia dini,” harap Djohar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda