Scroll to Top

Euro 2012: Italia Dibayangi Kisah Kelam Piala Dunia 2010

By Wan Faizal / Published on Friday, 15 Jun 2012

Gianluigi Buffon

Perjalanan Italia di Euro 2012 tak semulus yang mereka harapkan. Dua kali bertanding di fase grup, dua kali pula Italia hanya meraih hasil seri atas Spanyol dan Kroasia. Kisah tersebut seperti mengulang kisah kelam mereka di Piala Dunia 2010 lalu dimana Italia juga meraih dua hasil seri di dua laga awal fase grup.

Kala itu, Italia hanya mampu bermain imbang 1-1 lawan Paraguay di pertandingan pertama. Sempat tertinggal lewat gol Antolin Alcaraz, Italia menyamakan skor lewat Daniele De Rossi.

Butuh kemenangan di laga kedua untuk mengamankan posisi, Italia justru kembali bermain seri dari Selandia Baru. Lagi-lagi situasinya sama dimana mereka tertinggal oleh gol Shane Smeltz sebelum disamakan oleh penalti Vincenzo Iaquinta.

Dua hasil seri pada dua tahun lalu itu seperti menjadi déjà vu bagi Italia saat ini. Dua kali bermain di Grup C Piala Eropa 2012, dua kali pula Italia bermain imbang dengan skor identik 1-1, skor yang juga terjadi di dua laga awal Piala Dunia 2010.

Sialnya, saat itu Fabio Cannavaro dkk akhirnya gagal lolos ke fase knock-out setelah di laga terakhir secara tak terduga dibungkam Slovakia 3-2.

Kisah suram itu tentu tak ingin diulangi lagi oleh Cesare Prandelli kali ini. Italia kini harus memetik kemenangan lawan Irlandia di laga terakhir sembari berharap tak terjadi skor seri di laga Kroasia vs Spanyol.

Menarik untuk ditunggu apakah Italia bisa menghindari kisah tersebut, atau apakah Irlandia akan menjadi Slovakia versi 2012 yang menggagalkan mimpi Italia untuk berprestasi di Euro 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda