Share

makanan yang dihindari saat menopause

Setiap wanita normal, pasti akan mengalami masa menopause saat usia sudah mendekati 45 tahun ke atas. Masa menopause adalah keadaan dimana seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi karena kadar hormon estrogen berkurang drastis.

Dalam keadaan ini, sering timbul masalah kesehatan pada wanita. Karena itu, memperhatikan asupan makanan adalah penting untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Dikutip dari Indiatimes, berikut adalah jenis makanan dan juga minuman yang harus dijauhi saat masa menopause tiba;

  • Alkohol. Minuman ini efeknya buruk bagi kesehatan dan menimbulkan kelelahan pada otot.
  • Daging lemak. Pada masa menopause, wanita banyak yang mengalami obesitas dan harus menjauhi daging berlemak, untuk menghindari gangguan kesehatan lain.
  • Gula dan garam. Gula dan garam memang berfungsi menyedapkan masakan, namun sebaiknya dikurangi sebab memicu penyakit seperti tekanan darah, dan juga kencing manis.
  • Nasi dan Kentang. Ini merupakan makanan sumber karbohidrat. Namun jika terlalu banyak dikonsumsi akan membuat tubuh cepat lelah dan kadar gula darah meningkat. Mengganti dengan oatmeal dan biji-bijian lain akan lebih sehat dan aman.
  • Kafein pada kopi dan teh. Kafein membuat detak jantung lebih aktif dan Anda lebih sulit tidur. Ini jelas kurang baik untuk kesehatan. Mengganti dengan air putih dan jus buah buatan sendiri akan membantu Anda lebih sehat.

Konsumsi makanan sehat sejak sebelum masa menopause datang, akan membuat kondisi kesehatan Anda lebih paripurna. Tentu di usia senja Anda tak ingin menjadi beban keluarga karena sakit-sakitan, bukan?