Scroll to Top

Opera Software Rilis Peramban Opera 12

By Ditya / Published on Friday, 15 Jun 2012

Opera 12

Di tengah ramainya isu pembelian Opera Software oleh jejaring sosial Facebook, pengambang perangkat lunak asal Norwegia ini baru saja merilis peramban desktop terbaru, Opera 12.

Bagi pengguna komputer desktop atau Mac, peramban Opera mungkin kalah populer dibanding Mozilla Firefox atau Google Chrome, namun kemampuan peramban Opera ini sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, Opera Software baru-baru ini telah merilis peramban Opera 12 dengan membawa banyak fitur baru dan perbaikan, apa saja itu?

Dukungan Akses Webcam dan Microphone

Opera 12 ini membawa dukungan API (Application Programming Interface) dari WebRTC yang memungkinkan pengguna untuk melakukan audio dan video chat di aplikasi berbasi web.

Tak hanya itu, WebRTC ini juga memungkinkan konten web untuk menangkap secara live streaming melalui webcam dan microphone pengguna.

Opera 12 ini juga membawa perbaikan dukungan animasi dan transisi pada CSS3 (Cascading Style Sheet 3).

Fitur Do Not Track

Secara resmi, Opera memang belum mendukung fitur Do Not Track, namun sebenarnya di dalam peramban Opera 12 ini talah terdapat fitur serup.

Pengguna Opera bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara mengaktifkan opsi Ask website not to track me pada menu pengaturan di peramban Opera 12.

Dukungan Akselerasi Hardware dan WebGL.

Mengikuti jejak peramban Mozilla Firefox dan Google Chrome, Opera kini mendukung fitur akselerasi perangkat keras dan dukungan awal untuk standar WebGL di Opera 12.

Standar WebGL memungkinkan peramban menampilkan grafis 3D yang memanfaatkan akselesari perangkat keras pada website yang telah mendukung WebGL.

Perluasan Dukungan Tema Peramban

Opera 12 kini membawa fitur tema yang dapat diganti-ganti sesuai selera penggunannya. Fitur ini mirip dengan Persona yang terdapat di peramban Mozilla Firefox.

Untuk mendukung fitur ini,Opera menyediakan galeri tema yang diurutkan berdasarkan beberapa kategori untuk pengguna Opera 12 yang ingin mengganti tema sesuai dengan selera.

Opera 12 lebih ramping

Opera memutuskan untuk menghapus beberpa fitur di peramban dalam rangka membuat Opera 12 lebih ramping, ringan dan nyaman digunakan. Fitur Apa yang dihilangkan?

Opera menghilangkan fitur Opera Unite, desktop widget dan beberapa fitur lainnya agar Opera 12 ini lebih ramping dan ringan.

Peramban Opera 12 ini tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Anda penasaran ingin mencoba peramban Opera 12? Silahkan unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda