Scroll to Top

Fitur Baru Google Yaitu Sistem Peringatan Malware

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 21 Jul 2011

Google memberi fitur baru dalam sistem pencariannya, yaitu peringatan akan adanya kemungkinan komputer pengguna terinfeksi malware yang diumumkan Selasa kemarin (19/7).

Raksasa internet tersebut menginformasikan bahwa dirinya memasang sistem peringatan malware di halaman hasil pencarian demi memperingatkan pengguna bahwa mungkin komputer mereka terinfeksi malware.

Google langsung mengambil tindakan secara cepat saat mereka mendeteksi pola yang tidak biasa dari aktivitas di internet yang teridentifikasi sebagai tekanan malware yang membuat komputer yang terinfeksi terus mengirim trafik pencarian melalui proxy server.

Damian Menscher, seorang ahli keamanan Google mengatakan dalam post di Google Blog miliknya, seperti yang dikutip dari Cnet, “Baru-baru ini kami menemukan trafik pencarian yang tidak biasa saat melakukan perawatan rutin pada salah satu data center milik kami. Setelah kami bekerjasama dengan ahli keamanan lainnya, kami memutuskan bahwa komputer yang mengalami gejala ini terinfeksi oleh tekanan malware.”

Tentunya malware ini hanya menginfeksi komputer dengan sistem operasi Windows, seperti yang dikatakan insinyur Google Matt Cutts.

“Dari fitur ini, diharapkan pengguna yang mendapat hasil pencarian dari Google mendapat peringatan di atas pencarian bahwa mungkin komputer mereka telah terinfeksi sehingga pengguna bisa segera melakukan update¬†antivirus mereka,” masih menurut Menscher.

Selain itu Google Help Center juga menawarkan tips untuk scanning system demi pencarian malware dan menghilangkan infeksi tersebut. Malware sendiri dirancang untuk mengganggu kinerja komputer atau mencuri informasi pribadi dari pengguna komputer tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda