Scroll to Top

Microsoft Akuisisi Jejaring Sosial Yammer Senilai $1 Miliar

By Ditya / Published on Friday, 15 Jun 2012

Microsoft Yammer

Meski raksasa perangkat lunak asal Redmond telah memiliki jejaring sosial So.cl, ternyata hal tersebut tidak membuat Microsoft puas dan kini dikabarkan telah mengakuisisi jejaring sosial Yammer senilai $1 miliar.

Jumlah $1 miliar atau sekitar Rp. 9,4 triliun ini adalah jumlah yang fantastis, setara dengan nilai akuisisi Instagram oleh raksasa jejaring sosial Facebook beberapa waktu lalu.

Yammer sendiri adalah jejaring sosial yang berorientasi pada kalangan bisnis dan korporat yang diluncurkan pada bulan September tahun 2008.

Jejaring sosial Yammer ini memiliki fasilitas microblogging layaknya Twitter. Berbeda dengan Twitter yang menampilkan kicauannya untuk umum, Yammer tidak mempublikasikan secara umum, sehingga lebih privat karena ini lebih diarahkan sebagai media komunikasi internal organisasi atau antar organisasi.

Jejaring sosial Yammer ini didirikan oleh David Sacks yang saat ini menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) Yammer.

Telah banyak perusahaan-perusahaan besar yang telah bergabung dengan layanan jejaring sosial bisnis Yammer, sebut saja Cisco, AMD, Ford, BBC, Fox International Channel, Telefonica dan banyak lagi.

Seperti yang dikutip dari Slashgear, jumlah perusahaan yang bergabung di jejaring sosial Yammer ini diperkirakan mencapai 200.000 lebih.

Apa tujuan Microsoft mengakuisisi jejaring sosial Yammer ini? Microsoft disinyalir akan memperluas pangsa pasar jejaring sosial setelah sebelumnya meluncurkan So.cl sebagai jejaring sosial bertema pendidikan.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa raksasa perangkat lunak asal Redmond ini mengakuisisi Yammer untuk membantu pelanggan korporat Microsoft untuk berkomunikasi satu sama lain dalam hal bisnis melalui Yammer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda