Scroll to Top

Facebook Meminta Nomor Ponsel Pengguna Demi Proteksi Akun

By Ibnu Azis / Published on Friday, 15 Jun 2012

facebook securityFacebook meminta nomor ponsel pengguna untuk memerketat keamanan akun membernya. Selain itu cara ini dimaksudkan pula untuk mengedukasi pengguna bagaimana langkah-langkah proteksi diri akun mereka.

Nomor ponsel atau nomor hp masuk dalam ranah privasi individu masing-masing. Sangat tidak disarankan untuk berbagi nomor ini ke fihak yang tidak dikenal atau memublikasikannya secara umum.

Lantas bagaimana dengan Facebook yang meminta nomor ini? Menurut laman Facebook security, nomor ponsel ini nantinya digunakan sebagai alamat untuk mengirim SMS kata sandi baru tatkala aktivitas reset password.

Facebook sendiri acapkali selalu memeringatkan penggunakan akan keamanan di Facebook dalam tiga langkah: mengenali tata cara penipuan, memilih kata sandi yang unik, dan yang terakhir mengonfirmasi nomor ponsel.

Dengan demikian nomor ponsel yang diminta Facebook ini nantinya akan digunakan ketika Anda meminta password baru tatkala me-reset kata sandi atau ketika lupa kata sandi yang digunakan.

Dikutip dari CNET, Jumat (15/06/12), Facebook akan menampilkan sewaktu-waktu permintaan ini di bagian atas News Feed mereka pada pengguna yang belum memasukkan dan mengonfirmasi nomor ponsel mereka dalam beberapa hari ini.

Notifikasi Keamanan Facebook

Apakah langkah ini ditempuh Facebook sebagai upaya untuk menghindari kasus serupa yang dialami oleh LinkedIn? Bisa jadi demikian.

Beberapa waktu yang lalu jejaring sosial pekerja ini telah kehilangan 6,5 juta kata sandi anggotanya. Meski kasus ini telah usai, namun tetap saja membuat was-was jejaring sosial lain termasuk Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda