Scroll to Top

AMD Jalin Kerjasama Dengan ARM Untuk Saingi Intel vPro

By Ditya / Published on Friday, 15 Jun 2012

AMD ARM

AMD akhirnya menjalin kerjasama dengan ARM dalam rangka mengaplikasikan teknologi keamanan TrustZone kedalam APU (Accelarated Processing Unit) AMD di masa depan.

Seperti yang dikutip dari BBC, teknologi keamanan hingga level perangkat keras ini sebenarnya telah lama dimiliki pesaing AMD, Intel, melalui fitur Intel vPro.

AMD telah menandatangani perjanjian lisensi dengan ARM Holdings untuk membuat chip TrustZone yang berbasis prosesor ARM Cortex-A5 besutan ARM.

ARM Holdings sendiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang desain chip yang telah melahirkan arsitektur prosesor ARM yang digunakan pada perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

Apa fungsi chip keamanan TrustZone yang akan diintegrasikan dalam APU AMD? Fitur ini memungkinkan peningkatan kemanan saat melakukan aktivitas komersial seperti pembayaran online dan online banking.

Cara kerjanya adalah hanya aplikasi yang telah disetujui atau di identifikasi oleh chip TrustZone saja yang dapat dijalankan, sehingga sulit bagi hacker ataupun malware mengganggu proses transaksi.

“Jadi, kehadiran TrustZone akan menghadirkan lingkungan yang membatasi fungsi untuk didefinisikan dengan baik, sehingga dapat mengurangi resiko keamanan secara signifikan,” kata Mile Wolfe, Chief Information Officer AMD.

APU AMD yang sekarang adalah gabungan dari prosesor (CPU) dan grafis (GPU) dalamk satu buah chip. Kedepan AMD akan menambahkan chip ARM TrustZone pada APU generasi mendatang.

AMD akan menjadi perusahaan pertama yang memproduksi chip hibrida dimana didalamnya terdapat prosesor x86, grafis Radeon dan ditambah chip keamanan TrustZone yang menggunakan chip ARM Cortex-A5, ketiganya akan hadir dalam sebuah chip saja.

Berdasarkan perjanjian yang telah ditandatangani kedua belah pihak, AMD akan membayar kepada ARM untuk seriap chip TrustZone yang terjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda