Scroll to Top

Mengapa Google Meluncurkan Youtube Versi Indonesia?

By Ibnu Azis / Published on Friday, 15 Jun 2012

Youtube IndonesiaMengapa Google meluncurkan Youtube versi Indonesia? Jawabannya hanya dua: untuk mengeruk pemirsa lokal lebih banyak dan demi kucuran dana iklan dari pebisnis di Indonesia. Seperti apa?

Pada Kamis (14/0/12) silam, Google secara resmi telah meluncurkan Youtube versi Indonesia. Peluncuran ini diresmikan oleh Direktur Produk Manajemen Youtube Asia Pasifik, Adam Smith di Faigrounds Jakarta.

Adam Smith berujar jika pangsa pasar pemirsa Youtube dari Indonesia sangat besar. 70% pemirsa Youtube sendiri berada di Amerika Serikat dan di Asia, Indonesia salah satu negara penyumbang visitor terbesar.

“Dari sekian miliar video yang ada di YouTube, kami ingin agar video dari Indonesia bisa dengan mudah dicari secara cepat, tidak perlu tercampur-campur dengan pencarian video dari negara lain,” terang Adam Smith seperti dikutip dari Detik, Jumat (15/06/12).

Selain itu pada peluncuran tersebut juga dilakukan perjanjian lisensi antara Youtube dengan para musisi sebagai ajang promosi sekaligus media pencari profit melalui lagu.

“Untuk setiap videoklip yang ditayangkan, Youtube akan membayar ke WAMI untuk kemudian didistribusikan ke artis yang bersangkutan,” terang Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia, pada Kompas.

Youtube versi Indonesia ini juga diharapkan bisa menjadi media untuk meminimalisir video yang diunggah tanpa izin musisi terkait.

Dulu mereka tak bisa komplain sebab belum ada platform. Setelah Youtube melakukan kerjasama dengan WAMI (Wahana Musik Indonesia), aksi ini mungkin bisa dikurangi.

Dengan demikian, maka kehadiran Youtube versi Indonesia memiliki dampak positif bagi kedua belah pihak: Youtube akan memeroleh pemirsa dan konten (lokal) yang lebih kaya serta sumber dana baru dari iklan lokal, serta musisi Indonesia akan diuntungkan dengan sistem lisensi yang diberlakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda