Scroll to Top

Ini Sebab Kulit Daerah Mata Gampang Keriput

By C Novita / Published on Friday, 15 Jun 2012

Keriput di sekitar mata

Keriput adalah proses penuaan yang alami dan pasti dirasakan oleh semua orang saat usia makin bertambah tua. Namun, keriput pada bagian wajah terutama di daerah sekitar mata lah yang paling cepat terjadi dan jelas terlihat.

Berikut ini adalah beberapa sebab mengapa daerah mata bisa mudah sekali menjadi keriput, seperti dikutip dari female.

  • Kulit daerah mata lebih tipis. Karena itu saat terkena paparan sinar UV, polusi, dan faktor lain, maka kulit yang tebalnya hanya 0,5 mm itu lebih rentan keriput.
  • Kelenjar minyak sedikit. Fungsi kelenjar minyak di kulit salah satunya adalah melembabkan kulit. Kurangnya kelenjar minyak menyebabkan kulit jadi kering. Kulit yang kering di sekitar mata membuat keriput mudah datang.
  • Kurang elastis. Kulit sekitar mata tidak seelastis kulit di daerah tubuh lain, karena kandungan kolagen di daerah tersebut tipis. Karena gerakan senyum atau tertawa dan berkedip berkali-kali yang dilakukan oleh otot wajah, maka kulit yang kurang elastis ini mengikuti lekuk yang terbentuk saat senyum atau tertawa, hingga menjadi berkerut.
  • Lapisan lemak sedikit. Lapisan lemak di kulit daerah mata tak setebal daerah pipi atau dagu. Padahal lemak turut menjaga struktur kulit agar tetap kencang. Ini membuat daerah sudut mata dan bawah mata paling cepat keriput.
  • Banyak berkedip dan tertawa atau senyum. Gerakan otot di wajah saat melakukan ekspresi tersebut membuat kulit sekitar mata sering tertarik dan memicu timbulnya garis-garis halus. Ini merupakan cikal bakal keriput.

Perawatan dengan menggunakan krim khusus untuk kulit daerah mata, diikuti dengan pijatan lembut dapat membantu mengurangi keriput di daerah mata. Demikian juga dengan kebiasaan baik seperti tidak mengucek mata dengan keras.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda