Scroll to Top

Euro 2012: Kegagalan Ketiga Swedia Dalam Empat Turnamen Piala Eropa Terakhir

By Wan Faizal / Published on Saturday, 16 Jun 2012

Swedia 2-3 Inggris

Swedia telah dipastikan gagal melaju ke babak perempat final Euro 2012. Hal itu tak lepas dari dua kekalahan yang mereka derita atas Ukraina dan Inggris. Mereka sudah tak mungkin lagi mengejar empat poin yang dimiliki Prancis dan Inggris yang menghuni dua besar klasemen sementara. Hasil ini merupakan kegagalan ketiga mereka dalam empat turnamen Piala Eropa terakhir yang mereka ikuti.

Yap, sebelumnya Swedia juga gagal di Euro 2008 yang digelar di Austria-Swiss. Berada di Grup D bersama Spanyol, Rusia, dan Yunani, Anders Svensson dkk hanya berakhir di peringkat ketiga fas grup.

Saat itu mereka hanya mengoleksi tiga poin hasil kemenangan dari Yunani. Sementara saat berjumpa Spanyol dan Rusia, mereka takluk dengan skor 1-2 dan 2-0.

Kegagalan juga mereka alami di Piala Eropa 2000 yang digelar di Belanda-Belgia. Malah, saat itu kondisinya juga parah karena Swedia finish sebagai juru kunci dibawah Italia, Turki, dan Belgia.

Satu-satunya kisah manis yang mereka ukir di ajang terbesar antar negara Eropa adalah pada tahun 2004. Secara mengejutkan, Swedia mampu mengangkangi Denmark, Italia, dan Bulgaria untuk tampil sebagai juara grup. Namun langkah mereka saat itu langsung terhenti di perempat final oleh Belanda lewat drama adu penalti.

Uniknya, jika kita cermati, tiga kegagalan Swedia melaju ke babak perempat final dalam empat Piala Eropa terakhir terjadi saat turnamen digelar di dua negara. Apakah itu kutukan tersendiri bagi Swedia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda