Scroll to Top

Euro 2012: Akhirnya, Prancis Bisa Menang Besar Lagi

By Wan Faizal / Published on Saturday, 16 Jun 2012

Cabaye-Benzema

Di kancah sepakbola antar negara Eropa, dan bahkan dunia, Timnas Prancis adalah salah satu negara yang selalu diperhitungkan, tak terkecuali di Euro 2012 kali ini. Namun tahukah Anda jika ternyata kemenangan 0-2 atas Ukraina di laga kedua Grup D Piala Eropa 2012 adalah kemenangan pertama Prancis di turnamen mayor dengan selisih lebih dari satu gol sejak 2006 lalu?

Cukup aneh memang, tapi itulah faktanya. Terakhir kali Prancis menang dengan margin skor diatas satu gol adalah di Piala Dunia 2006 silam, tepatnya di babak perdelapan final kala mereka menghempaskan Spanyol 1-3 lewat gol-gol dari Franck Ribery, Patrick Vieira, dan Zinedine Zidane.

Setelahnya, Prancis tak mampu menang dengan selisih dua gol hingga kemenangan 0-2 atas Ukraina mereka catatkan semalam. Tak percaya?

Pasca menang 1-3 atas Spanyol di Jerman 2006, Prancis menang lagi 0-1 dari Brazil (perempat final) dan 0-1 atas Portugal (semifinal). Sementara di laga final mereka takluk dari Italia.

Beranjak ke dua tahun berikutnya di Euro 2008. Tergabung di grup maut bersama Italia, Belanda, dan Rumania, Prancis hanya mampu menjadi pecundang. Mereka dipermak Belanda 4-1, Italia 2-0, dan bermain imbang tanpa gol lawan Rumania.

Di Piala Dunia 2010, Prancis masih belum bisa bangkit dari mimpi buruk 2008. Tergabung bersama Meksiko, Uruguay, dan tuan rumah Afrika Selatan, Prancis kembali menjadi juru kunci. Mereka takluk 2-0 dari Meksiko, kalah 2-1 dari Afsel, dan bermain seri 1-1 atas Uruguay.

Di Polandia-Ukraina tahun ini pun Prancis juga hanya bisa mencatat hasil imbang 1-1 kontra Inggris di laga perdana Grup D.

Menarik untuk dinanti, apakah keberhasilan memutus rekor buruk tersebut akan diwarnai dengan keberhasilan Prancis mencapai partai puncak Euro 2012, seperti yang mereka lakukan ketika terakhir kali menang dengan selisih lebih dari satu gol pada 2006 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda