Scroll to Top

Swedia vs Inggris 2-3: Akhir Penantian Panjang Inggris

By Wan Faizal / Published on Saturday, 16 Jun 2012

Gol Welbeck, Swedia 2-3 Inggris

Inggris dikenal sebagai “rumahnya sepakbola”, dan sebagai salah satu penghasil para pemain berbakat. Sementara Swedia? Reputasi mereka tentu tak sebesar Inggris. Namun faktanya ketika keduanya bertemu, Inggris selalu kesulitan dan bahkan Inggris sudah lama tak bisa mengalahkan tim Skandinavia itu.

Sebelum laga Grup D Euro 2012 tadi digelar, kemenangan terakhir Inggris atas Swedia memang terjadi tahun lalu, tepatnya pada 16 November 2011 dalam sebuah laga persahabatan.

Namun, kemenangan yang diraih lewat gol tunggal Gareth Barry tahun lalu itu adalah kemenangan pertama Inggris atas Swedia dalam 43 tahun terakhir, baik dalam partai resmi maupun persahabatan.

Sementara itu, jika dikerucutkan menjadi laga resmi saja, kemenangan dengan skor 2-3 tadi adalah yang pertama diraih Inggris atas Swedia dalam 13 laga resmi terakhir.

Data statistik menyebutkan bahwa dalam 12 partai kompetitif sebelumnya, Inggris gagal mengalahkan Swedia. Seperti di Piala Dunia 2006 lalu ketika Swedia menahan imbang Inggris 2-2.

Contoh lainnya seperti ketika Piala Dunia 2002 silam saat Inggris ditahan Swedia 1-1. Bahkan di Piala Eropa 1992, Swedia mengalahkan Inggris 2-1.

Maka, tak heran jika para pemain Inggris begitu sumringah bisa meraih kemenangan di laga yang digelar di Olympic Stadium Kiev tadi.

“Saya senang bisa membantu tim untuk menang. Kami sempat tertekan saat mereka balik unggul. Namun kami tetap bersama dan menunjukkan karakter kami,” ujar Danny Welbeck, sang pencetak gol kemenangan.

Kini, setelah menuntaskan misi balas dendamnya, Inggris harus berkonsentrasi untuk mengalahkan Ukraina di laga berikutnya demi memastikan satu tiket ke perempat final.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda