Scroll to Top

Pakai Skype Di Ethiopia, Penjara 15 Tahun

By Ditya / Published on Saturday, 16 Jun 2012

Skype-Ethiopia

Anda suka menggunakan layanan VoIP (Voice over Internet Protocol) seperti layanan Skype atau Google Talk? Hati-hati jika Anda melakukannya di negara Ethiopia, ancaman 15 tahun penjara siap menimpa Anda.

Aneh memang, namun pemerintah Ethiopia telah mengeluarkan kebijakan bahwa menggunakan layanan VoIP seperti Skype dan Google Talk adalah perbuatan kriminal.

Pemerintah Ethiopia juga menerapkan hukuman yang tak tanggung-tanggung bagi warganya yang nekat menggunakan layanan VoIP Skype dan Google Talk dengan anvaman hukuman hingga 15 tahun penjara.

Ancaman hukuman yang cukup berat bagi pelaku ‘kejahatan’ pengguna Skype dan Google Talk, tampaknya penjara Ethiopia akan dipenuhi oleh pengguna Skype dan Google Talk di negara itu.

Kebijakan mengenai penggunaan layanan VoIP seperti Skype dan Google Talk sebagai tindakan kriminal telah lolos bulan lalu di parlemen Ethiopia.

Pemerintah Ethiopia menggunakan dalih “masalah keamanan nasional” dan untuk melindungi monopoli layanan operator miliki negara, Ethio Telecom.

Ethiopia hanya memiliki satu ISP (Internet Service Provider) yaitu Ethio Telecom yang juga telah menerapkan sensor dan filtering internet untuk menekan blog dan media berita milik oposisi.

Tak hanya itu, Departemen Komunikasi da Infotmatika Ethiopia juga memiliki wewenang untuk mengawasi dan memberikan lisensi pada perusahaan swasta yang mengimpor peralatan komunikasi.

Seperti yang dikutip dari TechCrunch, Ethio Telecom juga memblokir akses ke jaringan Tor, sehingga pengguna tidak bisa berselancar web secara anonim dengan memanfaatkan Tor.

Bagaimana menurut Anda dengan kebijakan Ethiopia terkait kebijakan VoIP Skype dan Google Talk? Silahkan berkomentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda