Scroll to Top

Akhir Bulan Ini Ada Festival Rendang di Padang Lho!

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 16 Jun 2012

rendang

Buat Anda yang ada di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), atau yang berencana ke sana dalam waktu dekat, jangan lewatkan acara Festival Rendang dan Lomba Cipta Lagu tentang Rendang 2012. Acara ini rencananya dihelat pada 25-27 Juni 2012. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Sumbar mengatakan, acara tersebut sebagai langkah untuk lebih mengenalkan kuliner rendang yang cukup fenomenal. Rendang sempat menjadi salah satu masakan terenak di dunia versi CNN Go.

Festival ini sudah menjadi agenda tahunan Pemkot Padang. Pada gelaran tahun lalu, festival ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia karena berhasil membuat rendang seberat 5,2 ton.

Tidak hanya orang Sumatera saja yang bakal ikut festival ini. Karena, ada tiga kategori peserta yang bakal menyemarakkan acara. Mereka adalah Rang Ranah, yaitu peserta yang berasal dari seluruh wilayah di Sumatera Barat. Lalu, ada pula Rang Rantau yaitu peserta di luar wilayah Sumatera Barat dan termasuk mereka yang bukan asli orang Sumatera. Terakhir, ada Rang Mudo, yaitu generasi muda yang berdomisili di Sumatera Barat. Dijamin, festival ini akan ramai.

“Persiapan-persiapan lain tinggal konfirmasi tentang peserta yang masih dibuka hingga 20 Juni 2012 ini,”kata Burhasman Bur, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat, seperti dikutip Antara.

Ada 62 peserta yang sudah mendaftar. Jumlah ini diperkirakan masih akan naik seiring masih dibukanya waktu pendaftaran. Ada pesera luar Sumbar yang telah mendaftar, yaitu dari Yogyakarta, Riau, dan Bali. Sementara itu, peserta dari luar negeri tercatat berasal dari Amerika Serikat dan Brazil. Pada festival serupa di tahun 2011, peserta dari luar negeri berasal dari Jerman dan Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda