Scroll to Top

Kopi Joss: Kopi Campur Arang Panas

By Ilham Choirul / Published on Friday, 22 Jul 2011

kopi-arangJijikkah Anda meminum kopi yang dicampur arang di dalamnya? Di Jogja, penyajian kopi seperti itu malah digemari. Kalau tidak percaya, silakan berjalan-jalan di sebelah utara Stasiun Tugu, tepatnya Jl. Wongso Dirjan, Yogyakarta. Warung kopi milik Pak Man ramai dikunjungi pembeli yang memesan kopi kental berasap.

Nama minuman ini Kopi Joss. Menu yang dibuat Pak Man sejak 1960-an ini, diracik dari kopi dengan tambahan empat sendok gula. Setelah dituang air panas dari ketel besi, bongkahan bara api dari kompor arang dimasukkan ke gelas kopi. Jess…! Keluarlah asap dari gelas sembari mengeluarkan suara desis. Nikmatlah kopi tersebut saat diseruput. Kopi Joss ini populer karena keunikan penyajiannya.

Menu minuman lain yang bisa Anda dapati di warungnya Pak Man adalah teh dan wedang tape. Kudapannya tersedia dari tempe goreng, lumpia, nasi kucing (nasi bungkus porsi kecil), dan sebagainya.

Dari buka jam empat sore hingga dini hari, warung Pak Man tidak sepi dari pelanggan. Mereka adalah orang kantoran hingga anak-anak muda yang sekadar nongkrong. Tempatnya juga asyik, karena bisa duduk lesehan di tengah ramainya kendaraan  Kota Jogja.

Tak jarang ada yang membawa kekasih untuk makan sembil berpacaran. Ada pula yang singgah sambil bermain musik. Suasana inilah yang membuat pelanggan berkenan menginjakkan kaki di lain hari. Dan, begitulah romantika warung kopi Pak Man .

Warung Pak Man cukup sederhana, seperti halnya warung kaki lima umumnya. Atapnya dari tenda dan tempat duduknya dari bangku kayu panjang. Tikar disediakan buat pembeli yang hendak lesehan. Namun, suasana keakraban tetap terpancar dalam pelayanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda