Scroll to Top

Computable Document Format, Saingan Baru PDF

By Ivan Azzam / Published on Friday, 22 Jul 2011

Ada format baru dalam ranah portable document. Jika umumnya kita tahu dan sering menggunakan format Portable Document Format (.pdf) dari Adobe, maka ada format Computable Document Format (.cdf), yang dirancang mengubah dokumen ke aplikasi interaktif.

Tujuan dari pembuatan format ini, seperti yang dikatakan Conrad Wolfram dikutip dari Cnet, direktur stragegis Wolfram, adalah membawa dokumen menjadi lebih “hidup”. Dibawah ini adalah contoh dimana pengguna bisa memainkan puzzle dari dokumen.

CDF saat ini bisa digunakan melalui free player yang membawa infographic, jurnal, atau apapun itu menjadi lebih interaktif. Mungkin nanti majalah semacam Popular Science akan memakai format CDF.

Rintangan yang dihadapi Wolfram kini adalah dominasi format dokumen dari Adobe PDF. Conrad juga mengatakan format CDF ini akan terbuka, dengan tujuan menjadi standar layaknya PDF.

Wolfram tentunya masih butuh lebih banyak pengembang. CDF sudah mencapai poin dimana pengembang membuat dokumen XML (Extensible Markup Languange) membuat dokumen menjadi lebih interaktif dan hidup. Tentunya format CDF ini akan berkisar seputar artikel jurnal, buku teks, infographic, presentasi, laporan dan semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda