Scroll to Top

Apple Mengajukan Paten 3D Multilayer Display

By Ivan Azzam / Published on Friday, 22 Jul 2011

Komputer dari Apple di masa depan suatu saat nanti mungkin akan memakai layar ganda yang ditumpuk demi mempertajam kedalaman gambar layar.

Sumber AppleInsider yang dikutip Cnet menjelaskan sebuah multilayer display device. Sistem ini menggunakan display yang berbeda yang melapisi satu sama lain dan memproyeksikan gambar yang berbeda, terkadang sekaligus. Lihat gambar dibawah sebagai contoh (kredit kepada US Patent and Trademark Office).

Dalam paten dijelaskan, Apple memberi catatan bahwa usaha membuat tampilan semakin tajam ke perangkat dua dimensi sudah memberi hasil.

Membuat ilusi dari three-dimensional image pada two-dimensional display telah menjadi subjek riset dan pengembangan teknologi masa kini, dan semakin diminati karena adanya tren teknologi computer generated imagery atau populer dengan sebutan CGI yang digunakan dalam film Hollywood dan juga teknologi video definisi tinggi (high-definition video).

Paten tersebut juga menjelaskan sistem banyak lapis (multilayer system) bisa menggunakan transparent OLED display sebagai layar pertama/depan, dan menggunakan prosesor grafis yang berbeda di tiap lapis. Selain itu, lapisan tambahan/kedua bisa dimatikan jika baterai perangkat sudah tipis demi menghemat tenaga.

Ini adalah paten Apple yang terbaru berkaitan dengan teknologi 3D. Yang pertama adalah pada 2007 yaitu multi-dimensional desktop. Lalu tahun berikutnya adalah pelacak berbasis kamera. Yang terwujud adalah proyeksi gambar 3D tanpa memakai kacamata khusus 3D seperti biasanya.

Pemegang paten ini adalah Peter Mahowald yang dikenal sebagai penemu ataupun co-penemu beberapa paten Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda