Scroll to Top

Xiao Long Bao: Sup Berbungkus Pangsit

By Ilham Choirul / Published on Friday, 22 Jul 2011

xialongbo

Penggemar masakan China pasti kenal dengan Xiao Long Bao. Menu ini adalah semacam pangsit berkuah yang dimasak dengan cara dikukus. Aslinya dari Shanghai dan menjadi makanan favorit di China.

Xiao Long Bao termasuk makanan ringan yang memiliki penyajian unik. Krakat (rantang) bambu dipakai sebagai tempat menaruh makanan. Tanpa dicampur apa pun, pangsit kukus ini sudah terasa lezat. Apalagi kalau disajikan bersama cuka hitam dan irisan jahe, tambah nikmat di mulut. Kenimatan makin menjadi, ketika pangsit digigit. Karena, begitu kulit pangsit terkoyak, segera mencair kuah sup yang nikmat.

Cara membuat Xiao Long Bao cukup sederhana. Kuah sup dibekukan lalu dipotong-potong menjadi kotak kecil. Kuah beku itu lantas dimasukkan ke kulit pangsit bersama daging olahan, atau apa pun campuran yang diinginkan.

Xiao Long Bao awalnya berisikan daging babi dan kulitnya berwarna putih. Namun, sekarang makanan ini tersedia berbagai isi seperti ayam giling, campuran berbagai ikan laut, atau daging merah. Kulit Xiao Long Bao sekarang juga warna-warni

Setelah adonan jadi, lalu dimasukkan ke krakat bambu yang dipanaskan pada suhu tinggi. Dengan begitu, pangsit kukus ini akan nikmat dimakan selagi panas. Sup dalam kantong pangsit cukup segar dirasakan saat gigitan pertama.

Tapi ingat, cara makannya tidak boleh asal. Jangan sekali-kali memakannya langsung dengan tangan Anda. Jari dan lidah Anda dijamin melepuh. Kuahnya bisa muncrat ke mana-mana. Karena, begilah cara memakannya:

1. Angkat perlahan Xiao Long Bao dari bagian atasnya, tepat di bawah kuncup, ketika krakat dibuka. Kulit pangsit ini rapuh, sehingga mudah sobek kalau Anda terlalu cepat mengambilnya. Apalagi, kulit bawahnya juga masih menempel di kain alas.

2. Jahe dan cuka hitam dicampur dahulu. Letakkan jahe di bagian atas Xiao Long Bao dan rendam sebentar di atas cuka hitam.

3. Pakai sendok bubur untuk menaruh Xiao Long Bao dan gigit sedikit kulitnya. Sehingga, kuahnya akan tumpah di sendok.

4. Seruput sup itu dan gigit bertahap isi di dalamnya bersama jahe yang terletak di bagian atas.

5. Anda bisa mencelupkan dan menambah jahenya,  jika cuka hitam dan jahe terasa kurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda