Scroll to Top

Portugal vs Belanda: Prestasi Terburuk Der Oranje Di Piala Eropa

By Wan Faizal / Published on Monday, 18 Jun 2012

Belanda - Euro 2012

Sangat mengejutkan ketika melihat klasemen akhir Grup B Euro 2012. Belanda yang digadang-gadang minimal mampu menembus semifinal justru tak mampu lolos dari fase grup. Lebih parah lagi, mereka mengakhiri tiga pertandingan dengan nirpoin dan terkubur di dasar klasemen.

“Prestasi” itu adalah yang terburuk bagi Belanda sejak UEFA menerapkan sistem fase grup yang dimulai pada Piala Eropa 1980 silam.

Saat itu, Belanda juga gagal lolos dari penyisihan grup. Namun saat itu mereka lebih baik karena mampu meraih sekali kemenangan atas Yunani dan duduk di peringkat ketiga klasemen akhir dibawah Jerman Barat dan Cekoslovakia.

Pada gelaran-gelaran Euro berikutnya, minimal Belanda pasti lolos dari fase grup. Jikapun terhenti, maka itu terjadi di babak perempat final atau final. Hanya sekali Belanda mampu menjadi juara pada 1988. Pengecualian terjadi untuk Euro 1984 karena saat itu Belanda tak ikut berpartisipasi.

Sementara pada Euro 2012 ini, tiga kali bertanding, tiga kali pula Der Oranje menelan kekalahan dari Denmark, Jerman, dan Portugal. Hal itu diperparah dengan produktivitas tim yang buruk. Mereka hanya sanggup mencetak dua gol selama tiga laga tersebut.

“Kami kalah dalam tiga pertandingan dan tidak ada yang mengharapkan itu. Kami bermain sangat buruk. Kami harus mulai berkaca dari kegagalan ini,” ujar Rafael Van der Vaart, sang pencetak gol saat Belanda kalah dari Portugal.

Titik lemah Belanda pada Euro kali ini jelas terlihat ada di lini belakang. Empat bek mereka bermain sangat buruk dan seperti membiarkan Maarten Stekelenburg mati-matian mempertahankan gawang Belanda dari serbuan lawan.

Berikut adalah rekam prestasi Belanda di Piala Eropa sejak diberlakukannya sistem fase grup:

  • 1980: Terhenti di fase grup, berada di peringkat ketiga dengan 3 poin
  • 1984: Absen
  • 1988: Juara
  • 1992: Semifinal
  • 1996: Perempat final
  • 2000: Semifinal
  • 2004: Semifinal
  • 2008: Perempat final
  • 2012: Terhenti di fase grup, berada di posisi juru kunci dengan nirpoin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda