Scroll to Top

Italia vs Irlandia: Andrea Barzagli Sembuh, Gli Azzurri Akan Ganti Formasi

By Wan Faizal / Published on Monday, 18 Jun 2012

Daniele De Rossi

Kabar gembira menaungi skuad Italia jelang laga versus Irlandia di Grup C Euro 2012. Salah satu bek andalan mereka, Andrea Barzagli, dikabarkan telah pulih dari cedera dan siap bermain kembali bagi Gli Azzurri. Hadirnya Barzagli tentu akan membawa sejumlah perubahan di tim asuhan Cesare Prandelli tersebut.

Barzagli awalnya memang diplot untuk mengisi satu pos bek tengah Italia dalam formasi empat bek. Namun seiring cederanya bek Juventus tersebut, Prandelli dipaksa untuk mengubah formasi tim menjadi 3-5-2 dengan trio bek tengah diisi oleh Leonardo Bonucci-Daniele De Rossi-Giorgio Chiellini di dua laga awal kontra Spanyol dan Kroasia.

Dari ketiganya, yang berkorban cukup besar tentunya adalah De Rossi. Maklum saja, pemain AS Roma itu sebenarnya adalah seorang gelandang bertahan. Seiring cederanya Barzagli, Prandelli meminta De Rossi untuk mendampingi Bonucci dan Chiellini sekaligus menjadi kreator serangan dari lini belakang.

“Tim memang masih punya stok bek bagus, namun pelatih meminta saya untuk bermain di belakang dan mengalirkan bola dari belakang ke tengah. Tak masalah jika saya dipercaya melakukan itu,” tegas De Rossi.

“Daniele punya kualitas bagus sebagai bek tengah. Aliran bola dari belakang ke tengah jadi lebih mengalir. Ia pemain hebat yang bisa bermain di beberapa posisi,” puji Andrea Pirlo.

De Rossi memang tampil brilian sebagai bek tengah. Beberapa kali ia melakukan penyelamatan, tackle, dan intercept yang sempurna di dua pertandingan awal. Namun kali ini diyakini ia akan kembali ke posisi aslinya di gelandang bertahan untuk member tempat pada Barzagli.

Andrea Barzagli

Barzagli sendiri mengaku siap turun kembali dan membantu Italia meraih kemenangan demi satu tiket ke perempat final.

“Kami butuh kemenangan atas Irlandia. Kami akan menunjukkan diri sebagai tim yang pantas berada disini. Kami harus berkonsentrasi pada laga tersebut, baru melihat hasil di pertandingan Kroasia vs Spanyol,” tuturnya.

“Kami berkesempatan mencetak tiga gol jika lini depan bermain apik. Semua akan membantu para striker untuk mencetak gol dengan menciptakan peluang. Kami harus bersatu untuk meraih tiket perempat final.”

Well, menarik untuk dinanti bagaimana “wajah” Italia kala menghadapi Irlandia di Municipal Stadium Poznan, Selasa (18/6/12) pukul 01.45 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda