Scroll to Top

Google Hapus 640 Video YouTube Yang Berbau Terorisme

By Ditya / Published on Monday, 18 Jun 2012

Youtube Ancaman Serius Dunia Pertelevisian

Setelah beberapa waktu lalu Google menuruti permintaan berbagai perusahaan besar untuk menghapus tautan yang berhubungan dengan pembajakan, kini Google menghapus setidaknya sekitar 640 video yang berbau terorisme di YouTube.

Google memutuskan untuk menghapus sekitar 640 video di situs video sharing YouTube setelah menerima banyak permintaan penghapusan dari berbagai negara terkait isi video tersebut.

640 video yang dihapus oleh Google di YouTube ini berdasarkan permintaan penghapusan dari berbagai negara sejak semester kedua tahun 2011 setelah muncul keluhan dari Asosiasi Petugas Kepolisian Inggris.

Meski banyak permintaan penghapusan video oleh berbagai latar belakang motif, Google hanya menghapus video yang terkait aksi terorisme yang dinilai meresahkan.

Banyak permintaan penghapusan dari berbagai lembaga pemerintahan dari berbagai negara di dunia dengan latar belakang politik, namun hal ini tidak dilakasanakan oleh Google terkait kebebasan berpendapat.

“Ini mengkhawatirkan, bukan hanya karena masalah kebebasan berekspresi adalah beresiko, tetapi beberapa permintaan yang berasal dari berbagai negara yang tidak diperkirakan sebelumnya. Demokrasi barat tidak biasanya menggunakan metode sensor atau permintaan penghapusan video,” kata Dorothy Chou, Seniod Policy Analyst, Google.

Dari ratusan permintaan oleh berbagai negara yang meliputi penghapusan ratusan video di YouTube terkait tindakan selain terorisma, tidak akan dilakukan penghapusan, kasus seperti apakah itu?

  • Permintaan untuk memblokir 100 lebih video di YouTube terkait penghinaan sistem monarki di Thailand.
  • Permintaan penghapusan video yang berisi pidato kebencian di Turki.
  • Pemblokiran 4 akun di YouTube berikut penghapusan video yang diunggahnya terkait ancaman dan pelecehan lembaga hukum yang melakukan diskriminasi penegakan hukum di Amerika Serikat.

Tak hanya itu, masih ada permintaan penghapusan diluar kasus terorisme yang berasal dari negara lain seperti Spanyol, Polandia, Pakistan dan Kanada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda