Scroll to Top

Hasil Pertandingan Euro 2012: Meski Gagal Lolos, Kroasia Tetap Pertahankan “Tradisi”

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 19 Jun 2012

Luka Modric

Mimpi Kroasia untuk melaju ke babak delapan besar Euro 2012 pupus sudah. Kekalahan 0-1 yang mereka derita dari Spanyol, ditambah kemenangan Italia 2-0 atas Irlandia, sudah cukup untuk menghentikan langkah Kroasia. Meski begitu, ada satu catatan unik yang dimiliki Kroasia meski mereka gagal lolos.

Fakta unik tersebut adalah Kroasia selalu hanya mampu mencetak empat gol di empat turnamen Euro terakhir yang mereka ikuti, yakni pada 1996, 2004, 2008, dan pada tahun ini.

Pada Euro 1996, Kroasia yang tergabung bersama Portugal, Denmark, dan Turki berhasil lolos dari fase grup dengan status runner-up. Empat gol mereka saat itu dicetak oleh Goran Vlaovic, Zvonimir Boban, dan dua gol Davor Suker.

Pada gelaran di Portugal, Kroasia juga hanya sanggup mencetak empat gol selama pertandingan fase grup melawan Prancis, Inggris, dan Swiss. Kala itu Milan Rapaic, Dado Prso, Niko Kovac, dan Igor Tudor yang menjadi aktornya.

Beralih ke 2008, empat gol Kroasia di fase grup yang dihuni bersama Jerman, Austria, dan Polandia dicetak oleh Luka Modric, Darijo Srna, Ivica Olic, dan Ivan Klasnic. Sementara di tahun ini, empat gol Kroasia dicatat atas nama Nikica Jelavic dan Mario Mandzukic yang memborong tiga gol.

Uniknya lagi, Kroasia seperti mengalami suatu siklus tersendiri dalam empat turnamen Euro yang mereka ikuti, yakni lolos-gagal-lolos-gagal. Kroasia mampu lolos dari penyisihan grup di Euro 1996, namun gagal di Euro 2004. Kisah itu berlanjut ketika di Euro 2008 mereka sanggup lolos dari fase grup, namun kemudian kembali gagal di tahun 2012 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda