Scroll to Top

Surface, Tablet Buatan Microsoft

By Ditya / Published on Tuesday, 19 Jun 2012

Tablet Surface

Akhirnya produk rahasia Microsoft terungkap di acara Microsoft yang dilaksanakan kemarin (18/06/2012) berupa tablet PC yang mengsung nama “Surface”.

Nama Surface ini mengingatkan kita dengan prototype meja masa depan Microsoft Surface yang futuristik. Namun kali ini nama Surface digunakan oleh Microsoft untuk nama tablet besutannya.

Munculnya tablet Surface ini juga merupakan bantahan atas isu sebelumnya yang mengatakan Microsoft menggandeng toko buku Barnes & Noble untut produk tabletnya.

Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini menyiapkan 2 buah tablet Surface. Tablet Surface pertama menggunakan basis ARM dan menggunakan Windows RT, sedangkan yang kedua berbasis x86 dan menggunakan Windows 8 Pro.

Penampilan tablet Surface ini cukup elegan dan dilengkapi keyboard berdesain unik serta desain penyangga tablet yang sangat mirip sengan Apple Smart Cover milik iPad, Microsoft menyebutnya Touch and Type Cover.

Tablet Surface ini mengusung layar berukuran 10,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel berjenis kapasitif multi touchscreen.

Surface yang menggunakan Windows RT ditenagai oleh prosesor Nvidia Tegra 3 quad-core dengan kapasitas baterai hingga 31,5Wh dan ketebalan hanya 9,3mm serta beratnya 675g.

Sedangkan Surface yang menggunakan Windows 8 Pro ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 Ivy Bridge dengan kapasitas baterai hingga 42Wh dan sdikit lebih tebal dan berat dari Surface yang berbasis Windows RT dengan 13,5mm dan berat 903g.

Microsoft juga membekali tablet Surface berbasis Windows RT dengan fitur-fitur standar seperti WiFi, slot microSDXC, USB 2.0 dan Micro HD video. Tablet Surface Windows RT tersedia dalam 2 pilihan kapasitas penyimpanan, 32GB dan 64GB.

Sedangkan tablet Surface berbasis Windows 8 Pro juga dilengkapi fitur-fitur yang sedikit berbeda dengan Surface Windows RT, seperti WiFi, slot microSDXC, USB 3.0 dan Mini DisplayPort. Tablet Surface Windows 8 Pro tersedia dalam 2 pilihan kapasitas penyimpanan, 64GB dan 128GB.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, belum diketahui apakah kedua tablet Surface ini mendukung teknologi 3G atau 4G serta harga sampai saat ini juga belum ada keterangan yang jelas dari Microsoft.

Anda penasaran dengan tablet Surface? Simak video dari Slashgear berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda