Scroll to Top

Unduh Distro Dan Software Linux Di Repo Lokal, Cepat Dan Hemat Devisa

By Ditya / Published on Tuesday, 19 Jun 2012

repo-lokal

Pengguna sistem operasi open source Linux tentu tidak asing dengan istilah Repo atau Mirror yang digunakan untuk mengunduh berbagai keperluan sistem operasi Linux-nya.

Repo sendiri adalah kependekan dari istilah Repositori yaitu server yang menampung paket-paket perangkat Lunak lengkap dan terupdate untuk sistem operasi Linux sesuai distro Linux yang digunakan.

Adapun istilah lain yang sering muncul, yaitu Mirror atau Mirroring. Mirror atau mirroring sendiri secara umum sama dengan Repo atau Repositori yang juga menyediakan Installer dan perangkat lunak Linux untuk diunduh.

Pengguna Linux di tanah air disarankan untuk menggunakan repo lokal untuk mengunduh installer sistem operasi Linux atau mengunduh perangkat lunak dan berbagai aplikasi untuk Linux.

Apa kelebihan Repo lokal ini? Salah satu kelebihan Repo lokal ini adalah kecepatan unduhnya yang relatif lebih cepat dan stabil dibanding mengunduh di situs luar.

Kecepatan yang tinggi ini dihasilkan oleh Repo lokal karena server repo berada di Indonesia serta menggunakan jaringan IIX (Indonesia Internet Exchange) sehingga pengguna tidak perlu mengunduh paket software dari server di luar negeri yang letaknya jauh serta kecepatan akses yang lebih lambat.

Tak hanya itu, menggunakan Repo atau Mirror lokal ini juga menghemat devisa, bagaimana bisa? Logikanya seperti ini, kita berlangganan koneksi internet dengan ISP (Internet Service Provider) dan ISP sendiri membayar pada provider yang lebih besar untuk menggunakan koneksi ke luar negeri menggunakan devisa.

Jadi jika pengguna mengakses Repo atau Mirror lokal, maka dapat mengurangi tagihan devisa yang dibayarkan oleh penyedia layanan internet (ISP)

Ada banyak penyedia Repo/Mirror di Indonesia yang menyediakan repository software untuk distro-distro besar Linux seperti Ubuntu, Fedora, Mandriva dan OpenSuse.

Tak hanya itu, pengguna Linux tanah air juga dapat mengunduh installer distro Linux rilis terbaru melalui Repo lokal. Situs mana saja yang menyediakan Repositori atau Mirror Linux? Sidomi telah menyiapkan daftarnya.

  • Kambing.ui.ac.id
  • Repo.ugm.ac.id
  • Foss-id.web.id
  • Buaya.klas.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda