rainbow cake

Setelah penayangan resep Rainbow Cake hasil kreasi seorang blogger bernama Kaitlin Flannery di acara reality show di televisi swasta AS berjudul Martha Stewart Show, kue pelangi itu kini booming. Tak hanya di negara asalnya, Amerika, namun juga merambah hingga ke Indonesia.

Beragam kreasi pengembangan berbasis resep asli Rainbow Cake, mulai banyak dibuat oleh para pecinta kuliner di Indonesia. Bahkan kini muncul kreasi Rainbow Cake Kukus, jika pembuatnya ogah memanggang adonan.

Milis khusus yang berbicara tentang masakan, NCC (naturalcookingclub), pun sering jadi tempat curhat para ibu yang ingin bertanya tentang seluk-beluk membuat Rainbow Cake yang enak.

Demikian juga majalah wanita Femina, yang kerap menjadi rujukan para ibu dalam mencari resep. Resep Rainbow Cake hasil modifikasi ini telah banyak dicoba dan terbukti hasilnya.

Berikut ini resep Rainbow Cake ala Sidomi, diadaptasi dari resep Martha Stewart, NCC dan Femina:

  • Bahan

Terigu terigu 200 gr, gula pasir 200 gr, susu bubuk 20 gr, SP 1 sdm, telur 10 btr, mentega 150 gr (lelehkan), margarin 50 gr lelehkan, pewarna makanan (Merah, biru, kuning, ungu, hijau, dll)

  • Cover/Frosting

Cream Cheese 300 gr, mentega putih 100 gr, susu bubuk 1 sachet

  • Cara Membuat

Campur tepung dan susu bubuk, ayak.

Kocok telur, gula, dan SP hingga mengembang, lalu masukan tepung sedikit sedikit.

Masukkan mentega dan margarine cair.

Bagi adonan jadi 6, lalu warnai masing-masing dengan pewarna berbeda.

Panggang dalam oven suhu 175 derajat Celsius selama 20 menit.

Untuk frosting, kocok semua bahan.

Kemudian jika kue telah matang, dinginkan dahulu sebelum diberi frosting dan ditumpuk sesuai selera warna yang Anda inginkan.

Cukup untuk 8 potong.