Scroll to Top

MotoGP : Rookie Rule Dihilangkan, Repsol Honda Dapat Angin Segar

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 19 Jun 2012

motorhome_Repsol Honda

Wacana penghapusan ‘Rookie Rule’ di kelas premier MotoGP akan segera menjadi kenyataan setelah CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, membuat statement pada salah satu stasiun TV Spanyol yang menjelaskan  bahwa tidak ada alasan bagi aturan tersebut untuk terus digunakan.

Namun semua itu belum bisa dijadikan sebagai sebuah kepastian. Setidaknya semua pihak harus menunggu hingga GP Assen Belanda di Gelar untuk mendapatkan pernyataan resmi dari panitia penyelenggara.

“Aturan yang kami buat untuk membantu tim kecil tidak lagi memiliki alasan untuk tetap ada”, terang Ezpeleta dikutip dari GPOne.

Rookie Rule adalah sebuah peraturan dimana pembalap baru yang naik ke kelas MotoGP tidak diperbolehkan untuk langsung bergabung dengan tim pabrikan. Artinya mereka harus terlebih dahulu membalap bersama tim Satelit.

Akan tetapi apalah artinya sebuah tim Satelit apabila pembalapnya tetap mendapat pasokan motor utama dari tim pabrikan. Hasilnya malah akan lebih mahal dari sisi finansial bagi tim yang menerapkannya karena harus memasok dana ke tim lain.

Contoh nyatanya adalah yang terjadi pada mendiang Marco Simoncelli. Meski membalap bersama tim Satelit Gresini Honda, motor yang digunakan Simoncelli merupakan motor utama yang dipasok oleh tim pabrikan.

Namun sayang, belum sempat pindah ke tim Pabrikan, Simoncelli harus menemui ajalnya lebih dulu pada bulan Oktober tahun lalu.

Pembalap satu-satunya yang merasakan kehadiran aturan tersebut ialah Ben Spies. Dimana Spies harus terlebih dulu membalap bersama tim Satelit Yamaha Tech3 sebelum bergabung ke tim Yamaha Factory.

Apabila Rookie Rule benar-benar dihapuskan, maka tim pertama yang mungkin mendapat keuntungan ialah Repsol Honda.

Keinginan pabrikan jepang tersebut menduetkan jagoan Moto2 Marc Marquez dengan Dani Pedrosa dalam satu tim pasca mundurnya Casey Stoner di akhir musim 2012 dapat segera menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda