Scroll to Top

“Budak” Gadget Berisiko Alami Sakit Tulang Belakang

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 20 Jun 2012

kecanduan gadget

Gadget kalau dipakai berlebihan tidak baik buat kesehatan. Dirilis BBC, pemakaian smartphone, tablet PC, dan laptop di luar jam bekerja bisa memengaruhi postur tubuh dan sakit pada tulang belakang serta leher. Demikian menurut studi yang dilakukan Chartered Society of Physiotherapy.

Para ahli mengatakan, risiko tersebut dialami oleh orang-orang yang sudah “diperbudak” oleh teknologi, terutama dengan gadget mereka. Hidupnya tidak lepas untuk selalu mengutak-atik gadget tanpa kenal waktu dan kondisi tubuh. Akibatnya, beban yang dialami tubuh cukup besar baik pada fisik atau mental.Kelebihan beban inilah yang membuat keburukan bagi kesehatan.

Dalam survey online yang dilakukan terhadap 2.010 pekerja, yang holic memakai gadget ternyata cukup besar. Sekitar dua per tiga responden masih sempat untuk bercengkrama dengan gadget mereka usai bekerja. Sementara itu, mereka turut mengutak-atik smartphone-nya hingga dua jam setelah pekerjaan utama selesai.

Peneliti menyarankan, ada baiknya bagi mereka yang sudah kecanduan gadget untuk belajar mematikannya di luar urusan pekerjaan dan menyempatkan untuk istirahat.

“Jika menjadi kebiasaan rutin maka bisa menyebabkan masalah seperti sakit tulang belakang dan leher, termasuk penyakit terkait dengan tekanan stres,” kata Dr Helena Johnson, ketua Chartered Society of Physiotherapy.

Oleh karena itu, bila kejadian ini didapati pada diri Anda, sebaiknya mulailah mencoba kebiasaan lain yang bersifat menenangkan pikiran dan mengistirahatkan tubuh. Sehingga, pekerjaan Anda pun akan terus lancar tanpa hambatan rasa sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda