Scroll to Top

F1 Tidak Perlu Takut Kehilangan Raungan Mesin

By Rheza Fadhlillah / Published on Wednesday, 20 Jun 2012

Craig Pollock

Regulasi mesin baru di tahun 2014 yang mewajibkan seluruh peserta balap untuk menggunakan mesin berkapasitas 1.6 Liter V6, membawa kekhawatiran akan menurunnya pamor F1 dibandingkan dengan balapan serupa seperti Indy Car.

F1 sejak dulu identik dengan raungan keras dari putaran mesin kendaraan berkapasitas besar yang menjadi daya tarik tersendiri selain aksi salip menyalip dalam kecepatan tinggi yang ditampilkan oleh para peserta balapnya.

Namun seiring dengan menurunnya kapasitas mesin, maka putaran mesin pun semakin berkurang dan di khawatirkan akan menghilangkan raungan keras ciri khas F1 yang berakibat pada bekurangnnya minat penggemar balap untuk menontonnya.

Akan tetapi pendapat berbeda dikeluarkan oleh CEO produsen mesin PURE, Craig Pollock. Ia mengatakan suara mesin tersebut akan sama hebatnya dengan suara mesin yang sebelumnya.

Berkaca dari event balap Le Mans, Pollock memperkirakan bahwa suara mesin F1 nantinya akan seperti suara roket kapal.

“Apabila anda mendengar powertrains dari mobil Hybrid di balap Le Mans, saya rasa suaranya fantastis”, terang Pollock. “Mereka terdengar seperti roket kapal. Saya rasa mesin Formula 1 akan lebih spektakuler. Ini akan berbeda.”

“Saya setuju 100 persen dengan Bernie (Ecclestone) bahwa mobil balap harus bersuara layaknya mobil balap, tetapi mobil balap di masa depan tidak akan bersuara seperti V8 terdahulu.”

“Bagaimana mereka akan bersuara nantinya, tidak ada yang tahu sekarang. Akan tetapi secara personal dan sangat yakin bahwa ini akan sangat berbeda dan akan spektakuler. Mereka akan bersuara seperti roket kapal.”

PURE yang merupakan produsen baru di dunia otomotif rencananya akan mensuplai mesin tersebut kepada beberapa tim di tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda