Scroll to Top

Sakit Gondok Saat Hamil, Anak Berisiko Cacat Mental

By C Novita / Published on Wednesday, 20 Jun 2012

sakit gondok saat hamil

Sakit gondok atau sakit tiroid biasanya dapat dilihat secara kasat mata dengan munculnya pembengkakan pada leher bagian bawah, dimana kelenjar endokrin atau kelenjar tiroid berada. Jika sakit godok terjadi pada wanita hamil, maka anak yang dikandungnya memiliki risiko terkena cacat mental.

Hal tersebut dinyatakan dalam sebuah seminar tentang ‘Kenali Gangguan Kelenjar Tiroid’ oleh dokter Pradana Soewondo, seperti dilansir Metrotvnews.

“Kelainan tiroid pada ibu hamil sangat berbahaya. Kelainan ini sangat mempengaruhi kesehatan janin yang tengah dikandung ibunya,” ujar dokter Pradana dalam seminar tersebut.

Parahnya, kemungkinan seorang wanita hamil menderita sakit gondok lebih besar dibanding yang tak hamil. Ini akibat kekurangan zat yodium yang biasanya dialami oleh mereka, serta gangguan autoimun tubuh.

Penyebabnya tentu karena asupan makanan yang tak memenuhi kebutuhan tubuh si wanita hamil, berikut kebutuhan janin yang dikandung. Jika dibiarkan akan sangat berbahaya, sebab janin bisa mengalami berbagai kelainan termasuk cacat mental.

“Makin lama kelainan tiroid diabaikan, semakin tinggi risiko bayi mengalami retardasi mental dan berbagai macam gejala sisa neurologis, seperti kemampuan belajar anak kurang,” lanjut dokter spesialis penyakit dalam itu dilansir oleh Metrotvnews.

Karena tak terasa sakit, kadang sakit gondok atau kelainan kelenjar tyroid yang diawali dengan munculnya benjolan kecil di leher ini sering diabaikan.

Perkeni (Perkumpulan Endrokonologi Indonesia) mengungkap bahwa kasus hipotiroid yang menyerang wanita hamil di negara ini masih cukup tinggi, yaitu sekitar 3-4 %.

Pencegahannya tentu dengan mengkonsumsi yodium serta berbagai makanan bergizi lainnya, sesuai kebutuhan wanita hamil.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda