Scroll to Top

Euro 2012: Ketika Xabi Alonso Mengkritik Gaya Bermain Spanyol

By Naqib Najah / Published on Wednesday, 20 Jun 2012

Raul Albiol Xabi Alonso

Permainan Spanyol di fase grup Euro 2012 terbilang belum menunjukkan kelasnya. Wajar apabila salah satu gelandang mereka, Xabi Alonso mengkritik gaya bermain El Matador, Spanyol.

Jauh-jauh hari sebelum Euro 2012 dimulai, banyak media yang mengabarkan isu panasnya ruang ganti Spanyol. Permasalahannya sangat klasik, yakni perseteruan antara Real Madrid dan Barcelona yang tak pernah kunjung reda.

Sekalipun Andres Iniesta menolak adanya kabar miring tersebut, akan tetapi, permainan Spanyol di fase grup C memang kurang memuaskan. Sempat ditahan imbang oleh Italia di pertandingan pertama, Spanyol kemudian menang besar atas Irlandia (4-0), akan tetapi kembali mengalami kesulitan saat bersua Kroasia di pertandingan akhir.

Dalam laga itu, Spanyol menguasai pertandingan sejak awal. Trio gelandang tengah, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, serta David Silva benar-benar sukses memainkan bola di jantung lapangan tengah. Akan tetapi, permainan cantik itu tidak diimbangi kesuksesan mereka membobol gawang Kroasia. Spanyol pun dipaksa menang hanya dengan skor 1-0.

Dari hasil inilah, Xabi Alonso mulai mengudarakan kritiknya. Gelandang Real Madrid itu beranggapan mendominasi permainan namun sedikit menciptakan peluang bukanlah ciri kesuksesan tim sepakbola.

“Jika kita ingin mengulang keberhasilan itu (Juara Euro 2008 dan Piala Dunia 2010), maka masih ada tugas berat yang harus diselesaikan,” tegasnya.

Di babak perempat final Euro 2012 nanti, Spanyol yang berstatus juara Grup C akan berhadapan dengan runner up grup D, Prancis. Ini adalah kali kedua Spanyol menghadapi klub besar sepanjang gelaran Euro 2012. Setelah hanya menahan imbang Italia, apakah Spanyol sukses meraih kejayaannya di partai hidup mati melawan Prancis nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda