Scroll to Top

Hubungan Romantisme Cegah Empat Masalah Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 22 Jul 2011

cari-pacarSudah menjadi kodrat manusia  membutuhkan kasih sayang dari lawan jenisnya. Bukan sekadar mendapatkan perasaan nyaman saja, ternyata dengan memiliki pasangan juga berefek pada kebaikan kesehatan. Hasil riset yang dilansir Tribun News mengatakan, setidaknya ada empat masalah kesehatan yang bisa dicegah melalui hubungan percintaan:

1. Kesehatan mental
Sebuah penelitian dari Florida University di tahun 2010, menyimpulkan, pria dan wanita jomblo cenderung mengalami depresi, kecemasaan, gangguan mood, sulit menyesuaikan diri, keinginan bunuh diri, dan menghadapi tekanan psikologis yang tinggi. Sedangkan, orang-orang yang memiliki komitmen dengan sebuah hubungan romantisme justru mengalami masalah mental yang lebih rendah. Penelitian ini dilakukan terhadap 1.621 mahasiswa. 

2. Rasa sakit
Dalam sebuah studi dikatakan, interaksi saling mencintai mampu memerintahkan otak mengirim sinyal untuk mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh yang nyeri. Karena, ketika interaksi cinta terjadi, perhatian penderita akan teralihkan. Di sini terdapat hubungan antara rasa sakit, perasaan cinta, dan aktivasi sistem otak.

3. Umur pendek
Memutuskan menjomblo sampai tua bukanlah pilihan yang baik. Dalam studi yang dilakukan di Amerika Serikat di tahun 2000, mengatakan, orang dewasa yang belum menikah berpeluang mengalami kematian dini. Orang-orang yang menikah memiliki kehidupan sosial yang saling mendukung.

4. Sedih
Pasangan yang saling mencintai dapat menghilangkan rasa sedih saat menghinggapi. Mereka tahu bagaimana membuat kekasihnya gembira. Bahkan, sebuah studi mengatakan, menatap wajah orang yang dicintai akan menggerakkan daerah tertentu di otak dan menimbulkan euforia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda