Scroll to Top

FIFA Masih Mungkin Beri Sanksi Kepada Indonesia

By Aditya / Published on Thursday, 21 Jun 2012

FIFA - PSSI

Kesepakatan antara PSSI, KPSI, dan PT Liga Indonesia selaku pengelola kompetisi Indonesia Super League (ISL) demi perbaikan sepakbola Indonesia memang telah terjalin. Begitu pula dengan dibentuknya Komite Gabungan sebagai tindak lanjut dari kesepakatan tersebut. Meskipun begitu, FIFA masih mungkin memberi sanksi kepada Indonesia atas kisruh yang selama ini terjadi.

Ya, hukuman dari FIFA bisa saja tetap akan dijatuhkan. Setidaknya itu menurut Sekretaris Jenderal KPSI, Hinca Panjaitan. Menurut salah seorang anggota Komite Gabungan ini, FIFA hanya menangguhkan saja hukuman yang akan dijatuhkan kepada Indonesia seiring ditandatanganinya nota kesepahaman oleh pihak-pihak yang bertikai.

”Dengan MoU ini, suspend yang rencananya dijatuhkan FIFA pada tanggal 15 (Juni 2012) dihentikan sementara. Bagaimana nasib Indonesia besok? Tidak ada yang tahu,” ungkap Hinca Panjaitan di Jakarta, Rabu (20/6/2012).

Semula, FIFA memberi tenggat waktu kepada Indonesia sampai tanggal 15 Juni 2012 untuk menyelesaikan konflik yang terjadi selama ini, terutama tentang dualisme kompetisi di Indonesia. Keputusan FIFA kemudian diundur karena sebelum tenggat waktu tersebut, pihak-pihak yang terlibat telah menandatangani nota kesepahaman dengan disaksikan oleh wakil FIFA dan AFC.

Menurut Hinca Panjaitan, salah satu faktor yang paling berperan untuk menghindarkan sanksi FIFA adalah keputusan Komite Gabungan (Joint Committe) yang baru saja dibentuk.

”Semua juga haru menghormati hasil yang diputuskan Joint Committee (JC), karena JC merupakan kata kunci untuk menyelamatkan sepakbola Indonesia. Kalau ada yang menyalahi apa yang sudah ditulis di MoU, itu yang harus dipertanyakan!” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda