Scroll to Top

Notifikasi Facebook Kini Tampilkan Like Dari Akun Instagram

By Ditya / Published on Thursday, 21 Jun 2012

Instagram LikeSitus jejaring sosial Facebook kini menampilkan notifikasi “Like” atau “Suka” dari aplikasi foto sharing Instagram dan kabarnya hal ini akan disusul jejaring sosial berbasis lokasi, Foursquare.

Munculnya notifikasi ini merupakan hasil dari fitur baru Facebook berupa Open Graph bagi pengembang yang berkaitan dengan tombol Like atau tombol Suka.

Fitur baru yang diperkenalkan Facebook ini memang bukan untuk pengguna, melainkan untuk pengembang aplikasi untuk membuat tombol Like atau Suka ke aplikasi buatan mereka.

Seperti yang dikutip dari Gizmodo dan The Verge, awalnya para pengembang dapat membuat tombol Like atau Suka dengan berbagai bentuk dan desain sesuai keinginan pegembang aplikasi.

Kini Facebook mengeluarkan pembaharuan yang mengharuskan pengembang untuk menggunakan tombol Like atau Suka yang resmi dari Facebook, karena Facebook kini tidak lagi menerima tombol custom like.

Fitur pada API (Application Programming Interface) Open Graph yang baru diperkenalkan Facebook ini sudah diimplementasikan pada aplikasi Instagram dan Foursquare yang menghasilkan notifikasi dari Intagram dan Foursquare ke Facebook.

Cara kerja notifikasi bari ini sebagai berikut, misal Anda memposting sebuah foto Instagram ke jejaring sosial Facebook melalui aplikasi Instagram, maka siapa saja yeng Like atau Suka pada foto yang Anda posting tersebut akan muncul di notifikasi Facebook seperti “Budi likes your photo on Instagram”.

Munculnya notifikasi darti Instagram dan Foursquare ini mungkin menyenangkan bagi sebagian pengguna, namun banyak juga pengguna Facebook yang merasa jengkel dengan munculnya notifikasi dari Instagram dan Foursquare.

Berbeda dengan sebelumnya, pengguna Facebook harus melakukan otorisasi aplikasi terlebih dahulu ke Facebook sebelum menerbitkan notifikasi atau pemberi tahuan ke akun Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda