Scroll to Top

Ceko vs Portugal: Bisakah Ceko Ulangi Sejarah Euro 1996?

By Wan Faizal / Published on Thursday, 21 Jun 2012

Ceko

Bicara soal Ceko di Euro 2012, cukup menarik melihat fakta bahwa mereka secara mengejutkan mampu menjadi juara grup setelah dihajar habis-habisan oleh Rusia di laga pertama. Hal itu masih ditambah dengan kenyataan bahwa mereka lolos ke perempat final dengan selisih gol minus di fase grup, sama seperti yang terjadi pada Euro 1996 silam.

16 tahun silam, Ceko menyelesaikan tiga pertandingan di fase grup dengan rekor lima memasukkan dan enam kemasukan, serta meraup empat poin. Jumlah poin tersebut sudah mampu membawa mereka ke perempat final, menyingkirkan Italia dan Rusia.

Apiknya, meski membawa “prestasi” kurang mencorong seperti itu, Ceko nyatanya sukses mencapai partai final untuk menantang Jerman.

Menariknya, kejadian seperti itu terulang lagi di Euro 2012 ini. Tergabung di Grup A bersama Polandia, Rusia, dan Yunani, Ceko mengakhiri tiga pertandingan dengan catatan empat memasukkan dan lima kemasukan, dan mengoleksi enam poin.

Maka, tak heran jika ada anggapan yang mengatakan Ceko akan bisa mencapai partai puncak meski membawa capaian minus satu gol di fase grup, sama seperti yang mereka lakukan di Euro 1996.

Meski demikian, para punggawa Ceko ternyata tidak begitu suka jika ada yang membandingkan kedua capaian tersebut. Pencapaian tim 1996 ditakutkan akan menjadi beban tersendiri bagi pasukan Michal Bilek untuk minimal meraih prestasi yang sama.

“Mereka membandingkan kami seperti itu, tapi saya pikir itu adalah hal yang lucu. Tim pada 1996 hampir jadi yang terbaik di Eropa, dan mereka membuktikannya di setiap pertandingan yang mereka jalani,” ujar Petr Jiracek, pahlawan kemenangan Ceko atas Polandia.

“Mungkin karena hal tersebut, tim sekarang mendapat tekanan lebih karena Ceko sudah memiliki nama besar dan berharap Ceko mencapai laga final di setiap turnamen yang diikuti. Hal itu bisa menjadi kerugian bagi kami, namun kami akan berusaha untuk mewujudkannya.”

Menarik untuk ditunggu, apakah Vaclav Pilar dkk mampu mewujudkan ekspektasi yang ada. Jawabannya tentu akan tersaji sesaat setelah wasit Howard Webb meniup peluit akhir pertandingan antara Ceko vs Portugal esok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda