Scroll to Top

Euro 2012: Beberapa Fakta Jelang Pertandingan Ceko vs Portugal

By Wan Faizal / Published on Thursday, 21 Jun 2012

Rep. Ceko

Euro 2012 akan segera memasuki fase baru. Setelah 24 pertandingan fase grup selesai dimainkan, babak perempat final akan segera dilangsungkan dengan mempertemukan Ceko vs Polandia di pertandingan pertama yang akan dilangsungkan di National Stadium Warsaw, Jumat (22/6/12) dini hari WIB.

Beberapa hal menarik sebelum pertandingan ini berlangsung tentu akan menjadi tambahan pengetahuan kita sebagai pecinta sepakbola. Dan berikut Sidomi tampilkan beberapa fakta mengenai kedua tim di Euro 2012 ini.

Ceko:

  • Jika lolos dari hadangan Portugal, enam pemain Ceko terancam absen di semifinal jika mendapatkan kartu kuning lagi. Mereka adalah David Limbersky, Jaroslav Plasil, Tomas Pekhart, Tomas Rosicky, Petr Jiracek, dan Daniel Kolar.
  • Gol Jiracek di laga versus Yunani masuk ke dalam tiga gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa. Saat itu, Jiracek mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan dua menit dan 14 detik.
  • Ceko menjadi tim yang mampu mencetak dua gol tercepat ketika pertandingan baru berjalan enam menit. Sebelumnya, tim yang mampu mencetak dua gol cepat harus menunggu hingga menit 14 untuk mencetak gol keduanya.
  • Kekalahan 4-1 atas Rusia menjadi kekalahan terbesar Ceko di turnamen besar. Ceko memang sebelumnya juga sempat kalah dengan skor yang sama di Piala Dunia 1970 dari Brazil, namun kala itu Ceko masih bernama Cekoslovakia.
  • Petr Cech menjadi pemain kedua yang memiliki caps terbanyak di Timnas Ceko dibawah Karel Poborsky.
  • Setelah absennya David Villa di turnamen ini, Milan Baros menjadi satu-satunya pemain yang punya peluang menjadi top skor dua kali di ajang Euro ini. Sebelumnya ia pernah menjadi pencetak gol terbanyak pada Euro 2004. Sayangnya di turnamen tahun ini Baros belum mencetak gol sebiji pun.
  • Ada dua pemain di skuad Ceko yang tidak dipanggil selama kualifikasi Euro 2012, yakni Jaroslav Drobny dan Vladimir Darida.

Portugal:

  • Lima pemain Portugal terancam absen di semifinal andai mendapat kartu kuning lagi saat lawan Ceko, yakni Cristiano Ronaldo, Fabio Coentrao, Helder Postiga, Joao Pereira, dan Raul Meireles.
  • Portugal tak pernah gagal untuk lolos dari fase grup Piala Eropa, dan itu dibuktikan sekali lagi di tahun ini.
  • Dua gol Ronaldo ke gawang Belanda membawanya menjadi pencetak gol terbanyak Portugal dengan 34 gol, dibawah Pedro Pauleta (47 gol) dan Eusebio (41 gol).

Cristiano Ronaldo

  • Postiga dan Ronaldo memiliki rekor tersendiri dengan mampu mencetak gol di tiga turnamen Euro yang berbeda.
  • Pepe seperti menjadi kartu as tersendiri bagi Portugal. Ia mencetak gol pertama Portugal di Euro 2012, sama seperti yang ia lakukan di Euro 2008.
  • Rui Patricio menjadi kiper termuda dalam sejarah Portugal yang beraksi dalam turnamen besar di umur 24 tahun 115 hari kala Portugal bersua Jerman. Ia mematahkan rekor Vitor Baia yang melakukannya di usia 26 tahun pada Euro 1996.
  • 11 pemain Portugal di skuad saat ini sudah pernah bermain di Piala Eropa edisi sebelumnya. Mereka adalah Ronaldo (2004, 2008), Postiga (2004, 2008), Pepe (2008), Bruno Alves (2008), Miguel Veloso (2008), João Moutinho (2008), Meireles (2008), Ricardo Quaresma (2008), Nani (2008), Hugo Almeida (2008) and Patrício (2008).
  • Enam pemain di skuad saat ini tidak berandil dalam kesuksesan Portugal melalui babak kualifikasi Euro 2012. Mereka adalah Beto, Miguel Lopes, Ricardo Costa, Custodio Castro, Hugo Viana, dan Nelson Oliveira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda